uSearch, Search Engine atau Mesin Pencari Milik Indonesia

uSearch, Search Engine atau Mesin Pencari Milik Indonesia - uSearch adalah salah satu mesin pencari yang dimiliki oleh Indonesia. uSearch ini dikembangkan oleh Metranet (Telkom) dan Xertain Media. Metranet adalah anak usaha media yang dimiliki oleh Telkom. Telkom sendiri merupakan salah satu perusahaan BUMN yang terbesar di Indonesia. Telkom sendiri termasuk dalam daftar BUMN yang memiliki pertumbuhan yang cukup bagus dibandingkan dengan perusahaan BUMN lainya yang cenderung merugi.

Xertain Media sendiri saya tidak terlalu mengenal perusahan ini. Saya juga tidak mengetahui apakah Xertain Media ini masuk kedalam perusahaan jenis apa. Dilain waktu kita akan bahas perusahaan Xertain Media ini.

uSearch sendiri dikelola oleh Metranet yang mengelola portal berita Uzone. Uzone adalah portal berita yang dimiliki oleh pemerintah yang memberikan informasi berita yang berhubungan dengan teknologi, gosip, hiburan, kuliner, wisata, informasi viral dan masih ban yak lagi. Selain itu Uzone juga menjadi situs untuk penempatan konten bagi banyak situs berita di Indonesia. Pendek kata Uzone menjadi sumber backlink bagi situs berita lain di Indonesia.

uSearch ini memang kurang kurang populer di Indonesia meskipun sebenarnya uSearch milik Indonesia. Selain itu uSearch juga masih menggunakan fitur dari Google untuk mesin pencarinya. Hal ini ditandai dengan bagian bawah yang masih mencantumkan powered by Google. Ini artinya situs mesin pencari uSearch tidak benar hasil karya anak bangsa.

uSearch juga masih terlihat sepi dari pengguna, ini dibuktikan oleh rangking Alexa situs uSearch masih buruk. Saya masih berharap kedaulatan digital Indonesia masih dipegang oleh Indonesia juga. Selalu berharap juga akan ada situs mesin pencari layaknya Google yang benar-benar buatan Indonesia. Seperti Tiongkok yang punya Baidu, Amerika Serikat punya Google dan Bing, dan Rusia punya Yandex.