6 Risiko Menggunakan Jasa Penyedia Backlink

6 Risiko Menggunakan Jasa Penyedia Backlink - Artikel ini ditulis karena masih sedikitnya artikel yang membahas resiko, bahaya dan dampak buruk mengguna jasa penyedia backlink. Kebanyakan dari artikel yang saya baca hanya membahas kelebihan dan keuntungan menggunakan backlink sehingga banyak bermunculan penyedia jasa backlink abal-abal dan jasa SEO murah dengan memberikan iming-iming website bisa muncul di halaman pertama pencarian.

Keuntungan menggunakan jasa backlink salah satu yaitu bisa nangkring di halaman pertama. Tapi resiko terburuk yang diterima bisa-bisa terjungkal dan hilang dari peredaran Google. Apakah Anda mau dengan menggunakan penyedia jasa backlink yang katanya ahli SEO tapi blog atau website Anda terjun bebas? Sebaiknya Anda wajib membaca ini sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk menggunakan jasa penyedia backlink.

6 Risiko Menggunakan Jasa Penyedia Backlink
Sumber: Pixabay

6 Risiko Menggunakan Jasa Penyedia Backlink


Untuk kamu yang tertarik untuk menggunakan jasa backlink sebaiknya harus memahami risiko yang bisa dihadapi jika menggunakan penyedia jasa backlink. Berdasarkan pantauan, berikut ini risiko, bahaya dan dampak buruk yang dihadapi oleh blogger atau siapapun yang menggunakan jasa backlink.

1. Resiko Ditipu Penyedia Jasa Backlink


Meminta penyedia jasa backlink yang asal-asal akan memberikan dampak buruk bagi blog atau website. Kebanyakan dari mereka gencar melakukan promosi dan kita juga tidak mengetahui track record penyedia jasa backlink bisa saja kita salah pilih dalam memilih penyedia jasa backlink. Yang katanya bisa membantu meningkat posisi blog Anda di SERP.

Ada pula penyedia jasa backlink yang menawarkan paket backlink yang menggiurkan misalnya 10.000 backlink berpage rank tinggi hanya dengan harga Rp100.000. Jika ada yang menawarkan seperti ini patut dicurigai karena mencari backlink dengan jumlah sebanyak itu sangat sulit. Kita juga tidak bisa mengontrol dan mengetahui dari situs mana saja backlink kita berasal. Penanaman backlink yang tidak terkontrol seperti ini akan berisiko untuk blog atau website.

2. Bisa Dianggap Sebagai Blog SPAM oleh Google


Ketika kita mengunakan jasa backlink berarti kita sepenuhnya telah menyerahkan tugas mencarikan backlink untuk blog atau website kita kepada penyedia jasa backlink. Kita juga tidak tau di situs mana saja si penyedia jasa backlink menanamkan link blog atau website kita. Syukur-syukur jika blog atau website kita ditanamkan linknya dengan benar, jika tidak maka habislah blog atau website kita.

Penanaman backlink dalam jumlah yang banyak misalnya dengan membeli 10.000 backlink ini bisa dicurigai oleh Google. Tidak mungkin blog atau website dalam waktu sekejap bisa memiliki backlink dalam jumlah yang banyak. Kalau seperti ini siap-siap saja blog website kita dianggap SPAM, sanksi Google pun sudah menanti didepan mata.

3. Lebih Besar Resiko Daripada Keuntungan yang Diperoleh


Ketika menggunakan penyedia jasa backlink keuntungan yang bisa diperoleh misalnya bisa menduduki halaman pertama mesin pencari. Memang benar jika backlink yang banyak bisa membuat blog atau website menduduki halaman pertama pencarian.

Tapi biasanya penyedia jasa backlink hanya memberikan garansi hanya beberapa bulan saja, dan setelah garansi habis pun blog atau website akan kembali jatuh dan kita tidak tahu bagaimana memperbaikinya. Website atau blog yang susah payah kita bangun, tapi malah habis dihajar mesin pencari Google, uang habis tapi blog atau website posisinya malah jatuh.

Bahkan di beberapa blog yang membahas backlink dan di forum seperti Kaskus, tidak sedikit dari mereka yang mengeluh karena posisi rangking blog atau website setelah beberapa bulan menggunakan backlink posisinya semakin memburuk.

4. Berisiko Besar Mendapatkan Sanksi dari Google


Semakin ketetnya algoritma Google membuat banyaknya blog bahkan situs besar pun yang terkena dampaknya. Sudah banyak situs yang mati dihantam algoritma Google salah satu penyebabnya adalah pemasangan backlink yang membabi buta. Dulu website yang memiliki backlink yang banyak bisa berbangga hati berhasil menduduki halaman pertama. Tapi sekarang sudah banyak blog atau website yang dihantam dan mati dihajar algoritma Google.

Sebenarnya jika backlink yang kita dapatkan jumlahnya masih wajar dan berkualitas tidak masalah, tapi kalau backlink yang banyak dan seakan nge-boom ini yang akan menjadi masalah. Karena Google akan menilai pergerakan yang tidak wajar, dan ini berpotensi mendapatkan sanksi dari Google dan yang paling ekstrim bisa di hapus dari Google.

5. Blog atau Website Menjadi Semakin Tidak SEO dan Sulit Ditemukan di Mesin Pencari


Tidak ada tujuan lain jika kita menggunakan jasa penyedia backlink agar blog atau website menjadi semakin SEO. Tapi apa yang mau dikata ketika sudah menggunakan jasa penyedia backlink lalu posisi blog pun akan semakin terjungkal. Ketika batas waktu garansi yang diberikan penyedia jasa sudah berakhir sebagai pemiliki blog pun kita tidak bisa berbuat apa-apa.


6. Jika Terkena Sanksi, Menjadi Malas untuk Menggelola Blog atau Website


Mengelola blog atau website itu membutuhkan ketekunan, ketika meminta penyedia jasa backlink untuk mencarikan backlink ini menunjukkan bahwa kita menjadi pribadi yang malas mengelola blog atau website. Di tambah lagi ketika blog atau website posisi jatuh, bisa dipastikan jika kita semakin malas mengelola blog atau website.

Kesimpulannya


Jangan langsung tergiur dengan penawaran yang tawarkan oleh penyedia jasa backlink, harga mahal atau murah tidak akan bisa menjadi jaminan. Yang terpenting lakukan optimasi SEO backlink sewajarnya saja dan menggunakan backlink organik tanpa ada kesan di paksakan. Backlink bukanlah satu-satunya faktor masih banyak faktor lain yang mempengaruhi SEO, salah satunya konten. Jika ingin mengoptimasi SEO sebaiknya buat konten yang berbobot, berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca dan pengunjung blog.


*)