7 Penyebab Kamu Tidak Bisa Menggunakan Wifi Gratis

7 Penyebab Kamu Tidak Bisa Menggunakan Wifi Gratis - Mungkin bagi kamu yang fakir kuota tentunya sangat senang sekali jika ada spot tertentu yang menyediakan wifi gratis. Malahan spot wifi gratis akan menjadi tempat yang mendadak ramai. Selain menghemat pemakaian kuota di smartphone. Wifi gratis juga bisa menjadi alternatif jika kamu tidak memiliki kuota internet sama sekali.


7 Penyebab Kamu Tidak Bisa Menggunakan Wifi Gratis


Namun yang sering membuat kita kesal adalah gagal terhubung di wifi gratis. Apalagi jika kita berada dalam situsi yang genting tentunya keberadaan wifi gratis sangat diharapkan. Untuk kamu yang bingung, berikut ini ada 7 penyebab kamu tidak bisa terhubung dengan wifi gratis.


1. Wifi Gratis Sudah Digunakan Oleh Banyak Orang


Baik sadar ataupun tidak wifi gratis memang mengundang banyak orang untuk menggunakannya. Mungkin kamu termasuk saya sendiri juga sering menggunakan wifi gratis. Ada kalanya kita bisa terhubung dengan wifi dan tak jarang kita gagal terhubung dengan wifi gratis.


Jika kamu gagal terhubung, besar dugaan bahwa wifi gratis ini sudah digunakan oleh banyak orang. Meskipun sinyalnya penuh, kamu akan gagal terhubung ke wifi ini. Kalaupun terhubung kamu tidak bisa mengakses internet.


2. Sinyal Wifi Gratis Terlalu Lemah


Sinyal wifi yang lemah bisa menyebabkan kamu gagal terhubung dengan wifi gratis. Meskipun yang menggunakan wifi gratis sedikit, tapi kalau sinyalnya lemah atau sedikit kamu akan gagal terhubung ke wifi gratis.

Untuk solusinya, sebaiknya kamu mendatangi tempat yang dekat dengan pemancar sinyal wifi. Semakin kamu dengan pemancar wifi (router wifi) maka sinyalnya akan lebih kuat dan bisa terhubung.


3. Ada Oknum yang Menggunakan NetCut Disekitar Wifi Gratis


NetCut adalah aplikasi yang sering digunakan untuk memutuskan koneksi internet komputer atau smartphone. NetCut ini sering dan banyak digunakan oleh oknum tertentu untuk menggunakan wifi gratis.

Tujuannya agar dirinya sendiri yang menguasai atau mengunakan wifi gratis. Dengan cara seperti ini kecepatan koneksi akan jadi lebih cepat. Ini juga berdampak pada kecepatan download yang stabil.

Jika kamu berada diarea wifi gratis dengan sinyal yang kuat tapi tidak bisa terhubung besar dugaan kamu menjadi korban netcut. Untuk solusinya tidak ada, kalaupun ada tidak akan efektif untuk mengatasi NetCut ini. Sarannya sebaiknya cara spot wifi gratis yang lain, yang bebas dari netcut.


4. Router Wifi Gratis Pernah Mengalami Mati Mendadak


Semua wifi menggunakan router untuk memancarkan sinyal wifi. Router wifi membutuhan aliran listrik. Jika aliran listrik pernah terputus tiba-tiba atau listrik mati maka ketika wifi hidup kembali setelah listrik maka wifi tidak bisa memancarkan sinyalnya dengan baik.

Meskipun sinyal wifi gratis penuh, yang menggunakan wifi sedikit, tidak ada pengguna netcut intinya kamu tidak akan bisa terhubung dengan wifi gratis. Agar terhubung sebaiknya router wifi di restart terlebih dahulu.

Untuk restart wifi bisa menekan tombol on/off di router wifi. Ini memang ribet apalagi kalau wifinya bukan punya kita. Daripada bingung harus melakukan apa sebaiknya cari spot wifi gratis yang lain.


5. Aplikasi Penangkap Wifi di Laptop atau Smartphone Kamu Bermasalah


Semua perangkat yang bisa terhubung dengan jaringan wifi membutuhkan aplikasi. Aplikasi ini bisa membantu kamu menangkap dan mengunakan jaringan wifi. Jika aplikasi ini bermasalah maka kamu tidak akan bisa menggunakan jaringan wifi gratis.


Kesimpulan

Itulah beberapa masalah yang diduga menjadi penyebab kamu gagal terhubung, "gagal konek" sehingga tidak bisa menggunakan wifi gratis. Perlu diketahui bahwa untuk spot wifi gratis hal ini seringkali terjadi, jadi jangan heran jika kamu sering "gagal konek" di wifi gratis.

*)