5 Penyebab Artikel Kamu Hilang di SERP Google

5 Penyebab Artikel Kamu Hilang di SERP Google - Menghilangnya postingan blog atau website dari SERP merupakan kejadian yang sering terjadi. Banyak dari teman-teman blogger yang menanyakan hal ini. Misalnya, kok bisa sih postingan saya tidak muncul di SERP? Kok postingan saya tiba-tiba menghilang padahal dulu sudah muncul di SERP? Kok hilang sih padahal sudah berbulan-bulan sudah muncul di SERP Google.

5 Penyebab Artikel Kamu Hilang di SERP Google
Sumber: Pixabay

5 Penyebab Artikel Kamu Hilang di SERP Google


Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi hilangnya postingan baik dari eksternal mau internal blog atau website yang kita miliki. Sehingga akhirnya kita pun kalah dalam persaingan memperebutkan posisi di SERP. Jika beruntung kadang bisa muncul di SERP, kalau lagi sialnya ya bakal menghilang dari SERP.

1. Membahas Artikel yang Berisi Informasi yang Banyak Dibahas


Biasanya hal yang umum dibahas itu adalah topik yang hangat diperbincangkan baik itu di televisi, koran, dan juga berita di internet. Banyak saya lihat blog yang membahas topik yang sudah dibahas di portal berita. Portal berita yang saya maksud adalah Kompas, Tribunnews, Detik, Merdeka, Suara, Okezone, Kapanlagi,  dan berbagai macam portal berita lainnya.

Menurut saja wajar saja jika blog yang membahas topik yang sama, yang dibahas portal berita tidak muncul di SERP, karena authority domain portal berita tersebut lebih kuat dibandingkan dengan blog kecil yang bersubdomain blogspot, wordpress ataupun mywapblog. Bukan itu saja blog dengan domain sendiri kadang-kadang juga kalah dengan situs portal berita.

Google itu biasanya cenderung mengutamakan situs yang terpercaya semacam portal berita ketimbang blog, karena konten yang terdapat didalam berita juga bisa dipertanggung jawabkan. Sehingga saya sarankan sebaiknya bahas saja topik yang tidak dibahas oleh banyak orang, agar bisa bersaing di SERP.

2. Konten Artikel yang Diposting Terlalu Singkat Dibandingkan dengan Artikel Blog Lain


Banyak teman-teman blogger yang suka membahas suatu topik yang terlalu pendek misalnya hanya 200 kata saja, mungkin saja ada yang lebih pendek dari itu. Sebenarnya jika ingin bersaing di SERP jumlah kata itu mempengaruhi kekuatan postingan artikel di SERP. Semakin sedikit postingan maka semakin lemah rangking artikel blog atau website kita di SERP.

Pasti teman-teman sudah taukan situs Wikipedia? Saya yakin teman-teman mengenal situs Wikipedia. Bisa dibilang Wikipedia ini situs perpustakaan Online, karena hampir seluruh informasi ada di Wikipedia. Balik lagi ketopik, yaitu mengenai keberhasilan Wikipedia.

Bisa kita lihat Wikipedia dalam postingan artikelnya tidak menggunakan judul yang panjang, tapi Wikipedia memiliki tulisan yang banyak dan panjang. Sangking panjangnya jika di copy paste di Ms.Word bisa mencapai beberapa halaman.

Bisa terlihat pula bahwa Wikipedia selalu menempati halaman pertama pencarian SERP Google dan juga pencarian lainnya. Ya itu tadi, karena Wikipedia memiliki tulisan yang panjang dalam setiap artikelnya. Jadi kesimpulannya, semakin panjang artikel bisa semakin bagus di SERP.

3. Ada Website atau Blog Lain yang Artikelnya Lebih Bagus dan Menarik untuk Dibaca


Bagus yang saya maksud disini adalah artikel tersebut lebih bagus dari artikel yang kita miliki. Misalnya kita sebelumnya sudah membuat artikel yang menurut kita bagus dan tidak sering dibahas.

Tapi jika ada situs atau blog lain yang membahas topik yang sama dan lebih bagus maka artikel kita juga bakal turun di SERP. Bahkan bukan hanya turun tapi muncul di halaman belakang.

4. Blog atau Website Mendapat Sanksi dari Google


Blog atau website yang mendapat sanksi dari Google biasanya cenderung perlahan-lahan turun dari SERP. Yang awalnya menduduki urutan pertama, seiring berjalannya waktu karena adanya tindakan yang melanggar kebijakan Google akhirnya posisi di SERP pun turun dan akhirnya menghilang di SERP. Pernyebab sanksi atau penalty Google ini juga bermacam-macam.

5. Topik yang Dibahas di Blog Terlalu Banyak dan Tidak Fokus pada Satu Topik


Blog yang tidak fokus membahas pada topik tertentu biasanya akan mudah menghilang di SERP Google. Google biasanya lebih mengutamakan blog yang fokus pada topik tertentu saja.


Misalnya untuk informasi tips dan trik seputar dunia blog, Google akan merekomendasikan blog yang fokus membahas informasi seputar blog.Berdasarkan pengamatan, blog yang membahas topik tertentu saja cenderung bisa bertahan lama di SERP Google.


Kesimpulan

Nah kira-kira itulah yang sering menjadi penyebab hilangnya postingan artikel kita menghilang dari SERP baik itu Google, Yahoo, atau pun Bing. Poin yangg disampaikan diatas hanya dugaan dan tidak bisa menjadi penyebab mutlak. Selain itu hanya dengan satu poin saja bisa menyebabkan artikel kamu menghilang dari SERP. Semoga bisa membantu dalam membuat artikel yang top dan populer di SERP Google, Yahoo dan Bing.


*)