9 Manfaat Link Internal Bagi Blog

9 Manfaat Link Internal Bagi Blog - Link internal masuk kedalam kategori SEO onpage atau optimasi yang di lakukan di dalam website atau blog. Link internal memiliki arti yang lebih kurang demikian, yaitu suatu link atau tautan yang gunakan untuk mengarah ke postingan/page yang satu ke postingan/page yang lain tetapi masih dalam satu halaman situs atau blog.

Tanpa harus bersusah payah sebenarnya kita bisa dengan mudah membuat link intenal di situs atau blog. Untuk blogspot sudah tersedia gadget seperti artikel terpopuler, related post, archive post, recent post, menu di navbar dan link internal lainnya. Sedangkan untuk Wordpress hampir sama dan sudah tersedia plugin yang bisa di pasang di blog wordpress-nya.

Link internal ini berfungsi untuk mempermudah navigasi pengunjung yang datang ke blog, misalnya ketika berkunjung ke blog atau situs ada artikel yang berkaitan dengan postingan yang kita baca. Sehingga pengunjung atau pembaca tidak lagi kesulitan dalam mencari informasi yang dibutuhkannya.

9 Manfaat Link Internal Bagi Blog
Sumber: Pixabay

9 Manfaat Link Internal Bagi Blog


Link internal populer di gunakan di blog dan situs-situs terkenal di dunia. Bahkan Google juga menggunakan link internal. Link internal paling populer digunakan oleh Wikipedia, disitus Wikipedia bisa terlihat disetiap kata kunci tertentu ada link internal yang mengarahkan ke halaman lain dari Wikipedia. Link Internal memiliki banyak manfaat. Untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa manfaat memasang link internal di blog.

1. Mempermudah Pengunjung Menemukan Informasi yang di Butuhkan


Pasti kita pernah berkunjung ke situs yang memasang banyak link internal di situs atau blog. Misalnya ketika situs atau blog tersebut menjelaskan suatu topik kemudian di beberapa point ada kata kunci yang bisa di klik untuk mengarahkan ke postingan lainnya.

Contoh umum adalah Wikipedia. Karena banyaknya link yang tersebar di situs tersebut memudahkan pengunjung menemukan semua informasi yang dibutuhkan, pengunjung juga beranggapan jika situs atau blog kita memiliki informasi yang lengkap. Karena setiap postingan ada link untuk penjelasan yang lebih detailnya.

2. Mampu Meningkatkan Pengalaman Pengguna atau Menjadi Betah Berlama di Blog yang Kamu miliki


Bagi blog yang mengutamakan user experience memasang link internal sangat manjur di gunakan, karena pengalaman pengguna bisa dilihat dari seberapa banyak postingan yang dibuka dan seberapa nyaman penggunjung berada situs atau blog dalam sekali kunjungan.

Situs atau blog yang memiliki pengalaman pengguna yang bagus bukan hanya mempermudah pengunjung tapi juga mempermudah blog untuk mendapat reputasi dan penilaian yang baik di mesin pencari. Jika ingin mendaftarkan blog ke program Google Adsense pengalaman pengguna merupakan salah satu syarat agar bisa diterima di Google Adsense.

3. Bisa Menambah  Jumlah Pageview Blog Hingga 2 Kali Lipat


Ini sudah pasti, ketika orang membuka suatu halaman disitus atau blog maka ini akan dihitung sebagai pageview. Jumlah pageview bisa melihat seberapa banyak jumlah halaman blog atau situs yang dibuka oleh pengunjungnya.

Jika ingin pageview blog atau situsnya banyak tinggal buat saja link internal di situs atau blog dan tentunya link harus berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Bisa kita hitung jika kita memiliki lima link internal jika link tersebut dibuka semua maka akan ada enam pageview yang bisa kita dapatkan dari satu visitor.

4. Memperbaiki Angka Bounce Rate Blog


Bounce rate mungkin sudah menjadi istilah yang tidak asing lagi bagi web developer dan para blogger. Bounce rate bisa menunjukkan seberapa bagus dan berguna informasi yang disampaikan di blog. Jika kita tidak memiliki link internal ketika pengunjung sudah menemukan informasi yang dibutuhkan biasanya pengunjung akan langsung menekan tombol close atau close tab di browser.

Tapi jika blog memiliki link internal setidaknya pengunjung yang langsung menekan tombol close bisa dikurangi dan di minimalisir. Bisa di bayangkan ketika blog kita hanya posting saja, tanpa ada link lain yang bisa dibuka, sudah bisa dipastikan pengunjung langsung pergi. Jika semakin banyak pengunjung yang hanya membuka satu postingan atau halaman, maka akan semakin tinggi pula bounce rate blog atau situs kita, begitu pula sebaliknya.

5. Memperbaiki Posisi Postingan di Ranking SERP atau Pencarian Mesin Pencari


Ketika blog yang memiliki postingan yang didalamnya terdapat link internal ini akan mempermudah blog untuk bersaing di pencarian atau SERP. Misalnya postingan blog yang seharusnya berada di halaman pencarian yang jauh misalnya ke enam tapi ketika sudah ditempatkan link internal postingan di artikel yang lain maka rangking postingan blog otomatis akan terkoreksi dan berubah menjadi lebih baik misalnya maju ke halaman lima dan seterusnya. Bahkan bisa menempati halaman pertama pencarian mesin pencari seperti Google.

6. Membantu Blog Kamu Bersaing dengan Blog Lain


Persaingan dalam kata kunci tertentu membuat banyak para blogger terkadang melakukan hal-hal konyol, bahkan terkadang hal yang dilarang pun dilakukan. Padahal cara untuk bersaing itu caranya mudah, salah satunya dengan memasang link internal di blog atau situs.

Misalnya saja blog kita harus menunggu waktu yang lama untuk muncul dan berada di deretan papan atas pencarian tapi dengan memasang link internal kita hanya membutuhkan sedikit waktu agar bisa bersaing bersama deretan nama papan atas situs dan blog yang lain.

7. Meningkatkan Search Engine Optimazation (SEO) Onpage Blog Kamu


Pada awal pembahasan topik ini sudah saya jelaskan sebelumnya jika link internal merupakan salah satu bentuk optimasi atau SEO onpage situs atau blog. Cara ini aman bila dibandingkan dengan SEO offpage seperti backlink, karena banyak backlink yang terdeteksi sebagai link SPAM. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi sanksi Google, apalagi sanksi Google sekarang ini sudah semakin ketat.

8. Meningkatkan Popularitas Postingan yang Lain di Blog


Ketika postingan blog atau situs kita sudah semakin terpuruk berkat link internal ini bisa membantu meningkatkan popularitas postingan yang terpuruk tersebut. Tidak hanya itu saja, bahkan postingan yang sudah populer juga akan semakin populer berkat link internal ini. Strategi ini bisa kita lakukan kapan pun tanpa harus menunggu postingan tertentu terpuruk atau menunggu menjadi postingan populer.

Hal ini juga saya rasakan ketika saya memiliki postingan dengan topik yang baru, agar postingan populer saya menyertakan link postingan kedalam artikel yang sudah terkenal atau artikel yang lain. Hasilnya postingan tersebut ikut naik daun, walaupun tidak sepopuler artikel yang sudah terkenal.

9. Mempermudah dan Mempercepat Mesin Pencari Mengindeks Postingan Blog

Dengan memasang link internal ini mempermudah robot spider mesin pencari untuk mengcrawl situs atau blog. Postingan yang baru biasanya cenderung membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk di crawl atau di telusuri mesin pencari ketimbang postingan yang sudah lama.

Postingan yang sudah lama sudah terdata di halaman pencarian (SERP) seperti Google ataupun Yahoo & Bing. Jika kita memasang postingan yang baru dengan memasang link internal di postingan yang lain, maka ini akan membantu proses index yang dilakukan mesin pencari.


Kesimpulan


Itulah beberapa manfaat link internal bagi blog. Sebenarnya tanpa kita sadari kita sudah menerapkan link internal. Namun jangan lupakan link internal dalam postingan, karena bisa menambah jumlah pageview blog.

*)