12 Kerugian Melakukan Copy Paste Artikel di Blog

12 Kerugian Melakukan Copy Paste Artikel di Blog - Copy paste merupakan tindakan yang paling enak, mudah, gampang, tidak perlu mikir dan tidak perlu repot-repot. Memang jika ingin copy paste kita tinggal tekan tombol keyboard Ctrl+C dan kemudian Crtl+V. Tidak bisa dipungkiri, hampir semua blogger pasti pernah melakukan copy paste.

Dulu saya sering sekali melakukan copy paste bahkan hampir semua postingan yang ada di blog itu semuanya hasil copy paste. Persentase artikel buatan sendiri dengan artikel copy paste yaitu 20 persen banding 80 persen. Jadi bisa diasumsikan jika ada 10 artike di blog, 8 diantaranya hasil dari copy paste. Yang asli buatan sendiri pun bukanlah artikel yang bermanfaat itu cuma curhatan yang tidak ada manfaatnya.

Setelah belajar menulis artikel sendiri baru menyadari ternyata begini rasanya jika memiliki tulisan yang susah payah di buat tapi langsung di copas sama teman blogger yang lain. Ada rasa geram, ada marah dan banyak lagi perasaan lainnya. Saya menyimpulkan berarti inilah yang dirasakan oleh orang-orang ketika artikelnya di copy paste oleh orang lain. Inilah salah satu pelajaran yang didapatkan jika melakukan copy paste artikel di blog.

12 Kerugian Melakukan Copy Paste Artikel di Blog
Sumber: Pixabay

12 Kerugian Melakukan Copy Paste Artikel di Blog


Namun selain itu ada beberapa kerugian yang bisa kita dapatkan jika melakukan copy paste artikel di blog. Untuk lebih jelasnya da 11 poin tentang kerugian melakukan copy paste artikel di blog.

1. Copy Paste Bisa Mematikan Kreatifitas Diri Sendiri


Memang benar jika melakukan copy paste akan menjadi malas untuk menulis, lebih percaya kepada tulisan orang lain. Padahal memanfaatkan blog dengan menulis hasil karya sendiri bisa membuat hasil karya yang semakin lama semakin bagus. Semakin lama jika sering dilatih akan semakin kreatif, tapi karena copy paste akhirnya blogger copas tidak bisa membuat karya yang fantastis dan kreatif.

2. Aktivitas Copy Paste Bisa Merusak Atmosfer Dunia Blogger


Blogger merupakan kegiatan yang identik dengan kegiatan tulis menulis. Sehingga tidak jarang orang yang dulunya suka menulis di blog menjadi penulis beneran dan menjadi penulis terkenal didunia nyata.

Ketika ada blogger yang melakukan copy paste ini berarti sudah merusak suasana di blogger yang identik dengan kegiatan menulis. Karena saya melakukan copy paste secara tidak langsung saya juga merusak tatanan dunia blogger.

"Ini kata bang Azmi pemiliki Tautweb.com".

3. Bisa Merusak Reputasi Blog dan Nama Baik Diri Sendiri


Ketika ngeblog secara tidak langsung kita membangun image didunia maya. Blog juga membawa dan menampilkan identitas diri, bahkan kadang url blog juga menyertakan nama diri sendiri.

Sehingga jika kita melakukan copy paste sudah pasti orang-orang akan mengenal kita sebagai tukang copy paste. Kita akan dikenal sebagai blogger pencuri hasil karya orang lain. Karena saya tidak ingin menjadi blogger tukang copas, saya pun keluar dari zona copy paste.

4. Pageviews Blog Jumlahnya Sedikit Jika Dibandingkan dengan Artikel Tulisan Sendiri


Padahal blog saya sudah memiliki artikel yang banyak, secara logika artikel yang banyak tentu memiliki page viewsnya juga banyak. Tapi yang terjadi malah sebaliknya blog saya memiliki sedikit page views. Sedangkan blog lain memiliki postingan artikel yang sedikit bisa mendapatkan page views yang jumlahnya lebih banyak dari pada blog saya.

5. Blog akan Memiliki Bounce Rate yang Buruk


Bounce rate bisa menunjukkan tingkat kenyamanan penguna yang berkunjung di blog. Semakin tinggi angka bounce rate blog ini berarti blog kita memiliki kualitas yang buruk. Ketika blog saya menggunakan artikel copy paste bounce rate blog saya cukup tinggi yaitu 85 persen. Padahal blog yang berkualitas harusnya memiliki bounce rate kecil dari 30 persen.

6. Artikel Copy Paste Tidak Bisa Bersaing di SERP atau Halaman Mesin Pencari


Ketika saya memulai kegiatan blogging saya sering copy paste, ini berakibat fatal terhadap blog. Blog saya tidak pernah berhasil menduduki halaman pertama pencarian. Padahal kalau kita berpikir pendek, kita sudah mengcopas artikel yang berada diurutan pertama tapi yang terjadi blog saya tidak pernah muncul dipapan atas.

7. Artikel Copy Paste Tidak Terindeks oleh Google, Kalau Terindeks Lokasinya Jauh dan Berada di Halaman Belakang


Berbeda cerita dengan teman-teman yang artikelnya muncul walaupun dihalaman belakang, walaupun muncul dihalaman belakang masih mending. Tapi blog saya sendiri dihalaman belakang saja tidak saya temukan. Dan berbeda lagi kondisinya ketika menulis hasil tulisan sendiri artikel saya bisa muncul dihalaman pencarian walaupun tidak berada di halaman pertama.

8. Blog Copy Paste Bisa Mendapat Sanksi dari Google


Ketika saya melakukan copy paste blog saya mendapat sanksi dari Google. Memang tidak ada pernyataan langsung dari Google jika blog saya mendapat sanksi dari Google. Namun setelah membaca tanda-tanda yang diberikan oleh sumber terpercaya yaitu blogger-blogger yang profesional, semua tanda tersebut ada.


Setelah saya membuang artikel copy paste dan menggantinya dengan artikel tulisan sendiri barulah ada perbaikan yaitu berubahnya posisi yang lumayan bagus di Google.

9. Blog dengan Artikel Copy Paste Cenderung Memiliki Rangking Alexa yang Buruk


Selama melakukan copy paste, blog saya hanya berada dirangking 10 juta-an. Namun ketika blog saya membuang artikel copy paste yang jumlahnya hampir 300 dan membuat beberapa artikel sendiri barulah posisi Alexa rank semakin membaik hingga akhirnya membaik seperti sekarang ini.

10. Pasti Ditolak Menjadi Publisher di Google Adsense


Siapa sih yang tidak mau diterima di Google Adsense. Banyak blogger berlomba-lomba agar blognya bisa terima menjadi publisher di Google Adsense karena bisa mendatangkan penghasilan. Begitu pun saya, sudah sejak lama saya ingin mendaftar menjadi publisher di Google Adsense.

Tujuannya simple ingin dapat penghasilan. Ketika blog saya menggunakan artikel copy paste sudah berkali-kali mencoba mendaftar tapi selalu ditolak oleh Google Adsense. Dan sekarang saya tidak lagi mengejar yang namanya Google Adsense, saya sekarang fokus menulis dan menulis di blog.

11. Ditolak Menjadi Publisher di Situs Periklanan Lain


Bukan hanya di Google Adsense saja ditolak menjadi publisher tapi situs periklanan luar negeri saya juga ditolak. Karena konten saya tidak unik dan banyak lagi. Sudah jatuh tertimpa tangga pula nasib buruk.

12. Blog Copy Paste Tidak akan Menjadi Blog yang Terkenal


Salah satu ciri blog yang populer adalah blog yang sering berada dipapan atas Google. Minimal selalu masuk dalam halaman pertama Google. Hanya blog dengan artikel asli dan tidak copy paste yang bisa muncul di halaman pertama Google. Blog dengan artikel copy paste bisa dipastikan jarang berada dihalaman pertama Google.

Kesimpulan

Bagi teman-teman yang masih suka dan hobi copy paste artikel sebaiknya mulailah ditinggalkan. Sebaiknya buatlah artikel hasil tulisan sendiri, dengan menulis artikel sendiri ada banyak pelajaran yang bisa didapatkan. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman sendiri namun ada beberapa poin yang berasal dari blog Tautweb.com.


*)