Ini Syaratnya Agar Akun Instagram Kamu di Endorse

Ini Syaratnya Agar Akun Instagram Kamu di Endorse - Berkembangnya sosial media Instagram membuat banyak orang yang menggunakan Instagram. Instagram merupakan sosial media berbagi foto dan video pendek milik yang sudah dimiliki oleh Facebook. Saat ini Facebook saduh mulai membuka ruang bagi mereka yang beriklan di Instagram.

Namun Instagram baru mulai membuka ruang untuk yang ingin beriklan di Instagram sekitar 2 minggu yang lalu tepatnya pada 8 September 2015. Padahal tanpa menunggu Instagram membuka ruang iklan, sebenarnya jika ingin beriklan di Instagram kita bisa menggunakan sistem endorse. Lewat sistem endorse ini banyak orang yang berhasil mendapatkan pendapatan dan penghasilan dari Instagram.

Definisi Umum: Endorse atau endorsement adalah suatu bentuk kerjasama dalam memberikan dukungan oleh seseorang atau pihak tertentu untuk memasarkan suatu produk baik itu barang ataupun jasa. Biasanya endorsement menggunakan media tertentu, bisa berupa media online (sosial media, website, dan lain lain) maupun media offline.

Jika akun Instagram kita diminta untuk membantu memasarkan produk lewat sistem endorse ini kita juga mendapatkan pendapatan dan penghasilan dari Instagram. Tapi sebelum kita di endorse ada beberapa hal yang harus kita ketahui bahwa ada ketentuan-ketentuan tertentu yang harus kita penuhi. Hal ini penting karena kita bisa mengetahui cara agar akun Instagram kita di endorse.

Ini Syaratnya Agar Akun Instagram Kamu di Endorse
Instagram - Foto: Teerawut Masawat / Freepik

Bagaimana Caranya Agar Akun Instagram Kita di Endorse?


Sebenarnya agar akun Instagram kita diendorse kita harus mengetahui beberapa ketentuan. Ketentuan ini biasanya ditetapkan oleh pihak yang ingin mengendorse. Ketentuan ini bisa membantu menunjang agar akun Instagram kita di endorse oleh pihak tertentu. Berikut ini penjelasannya.


1. Akun Instagram Harus Memiliki Followers (Pengikut) yang Jumlahnya Banyak


Sebenarnya hampir sama seperti sosial media Twitter, jika ingin di endorse kita harus memiliki jumlah followers atau pengikut yang banyak. Hal ini juga berlaku untuk sosial media Instagram. Di Instagram jumlah followers bisa mempengaruhi minat pihak tertentu untuk mengendorse kita.

Agar di endorse sebenarnya kita tidak perlu harus menjadi seperti selebgram yang memiliki banyak followers dan fans di sosial media Instagram. Dengan jumlah followers ratusan kita juga bisa diendorse. Teman saya sendiri banyak di endorse untuk produk fashion, padahal followersnya belum sampai seribu.

Tapi dengan jumlah followers sebanyak itu kita tidak akan mendapatkan bayaran yang besar. Malahan kita tidak dibayar, kalau di endorse untuk produk fashion kita hanya mendapatkan produknya secara gratis.

Intinya jika ingin mendapatkan tawaran endorse sebaiknya perbanyak jumlah followers akun Instagramnya, semakin banyak jumlah followersnya semakin bagus. Kalau nanti jumlah followers Instagramnya lebih banyak dari Ria Ricis nantinya kita bisa mendapatkan bayaran lebih besar lagi dibandingkan Ria Ricis.


2. Memiliki Jumlah Like (Menyukai) yang Banyak untuk Setiap Postingan Foto atau Video di Instagram


Informasi terbaru yang saya dapatkan ternyata jumlah like atau yang menyukai juga mempengaruhi minat pihak yang ingin mengendorse. Jumlah like bisa menunjukkan banyak atau sedikitnya jumlah followers aktif yang ada diakun Instagram kita. Karena percuma meskipun jumlah followersnya banyak tapi yang Like atau yang aktif di Instagram jumlahnya sedikit.

Malahan dengan jumlah followers yang tidak terlalu banyak tapi yang like banyak maka pihak yang ingin mengendorse lebih memilih akun yang likenya banyak. Hal ini terjadi karena dinilai lebih efektif mempromosikan produk ke followers yang aktif.

Agar lebih mudah dipahami berikut ini saya akan memberikan ilustrasi sederhana.

1. Misalnya akun Instagram punya 1200 followers dan setiap memposting foto baru rata-rata mendapatkan 300 like.
2. Namun akun Instagram jumlah followersnya hanya 800 dan setiap memposting foto baru rata-rata mendapatkan 450 like.


Secara perhitungan maka lebih efektif beriklan di akun Instagram karena memiliki jumlah like yang lebih banyak. Jumlah Like bisa menjadi tolak ukur jumlah followers aktif pada suatu akun Instagram.

Oleh karena itu antara jumlah followersdan Like sebaiknya di usahakan agar tetap seimbang. Karena jumlah Like yang banyak ternyata juga bisa mempengaruhi minat pihak yang mengendorse. Semakin banyak yang like maka akan semakin bagus, dan berpeluang untuk di endorse.


Kesimpulannya

Itulah tadi pembahasan tentang bagaimana cara agar akun instagram kita di endorse. Sebenarnya ada banyak faktor X atau penyebab lain yang menyebabkan instagram kita di endorse, namun yang saya sebutkan diatas merupakan salah dua faktor utamanya. Penjelasan diatas juga bisa digunakan untuk dijadikan referensi apabila para pemilik usaha ingin menggunakan jasa endorse suatu akun Instagram dalam mempromosikan produknya.

*)