6 Ciri Komentar Blog yang Disukai Mesin Pencari Google

6 Ciri Komentar Blog yang Disukai Mesin Pencari Google - Banyak orang yang acuh tak acuh dengan komentar di blognya, ini sering saya lihat ketika berkunjung ke blog teman blogger yang lain. Masih banyak diantar mereka yang mengabaikan pentingnya mengatur komentar. Bahkan tak jarang dari teman-teman blogger yang lain membiarkan banyak komentar SPAM menumpuk di blognya, ada komentar yang keluar dari topik, ada komentar yang mengandung link aktif, ada komentar yang sekedar say hai, komentar ala kadarnya dan banyak lagi jenis komentar yang tidak berbobot lainnya.

Komentar memang perlu dan ini menunjukkan bahwa blog kita cukup populer dikalangan pembaca blog. Komentar yang banyak juga membantu menaikkan rangking artikel blog di SERP mesin pencari. Namun ada beberapa hal yang dilupakan dalam menerbitkan komentar di blog. Komentar merupakan hal yang sepele tapi ini amat berpengaruh dalam mengdongkrak peringkat blog di SERP. Yaitu komentar yang berkualitas yang akan membantu menaikkan rangking artikel atau postingan di SERP mesin pencari.

Mesin pencari saat ini amat memperhatikan respon pembaca di blognya, komentar yang baik menurut mesin pencari akan membantu dan menjaga popularitas blog. Bisa kita lihat teman-teman blogger kita yang memiliki postingan artikel yang dengan banyak komentar didalamnya, mereka bisa menjadi juara di mesin pencari. Terkadang postingannya baru 2 bulan tapi sudah bisa nangkring di posisi pertama pencarian.

6 Ciri Komentar Blog yang Disukai Mesin Pencari Google
Sumber: Pixabay

6 Ciri Komentar yang Disukai Mesin Pencari Google


Lalu muncul pertanyaan. Apa saja ciri-ciri komentar yang disukai mesin pencari seperti Google? Berikut ini tuliside akan berbagi tentang ciri-ciri atau tanda komentar yang disukai oleh mesin pencari seperti Google.

1. Komentar yang Berhubungan dengan Topik yang Dibahas


Sering kali kita melupakan ini, asal ada komentar yang masuk langsung diterbitkan. Terkadang kita tidak melihat apakah komentar tersebut berhubungan atau tidak dengan topik yang kita bahas. Contoh kecil misalnya “nice post gan”, “oh saya baru tau, thank you gan”, dan lain-lain.

Komentar ini termasuk komentar SPAM dan tidak berhubungan sama sekali, tentunya kita semua sudah tahu jika komentar SPAM merupakan komentar yang amat dibenci oleh Google. Bentuk lain dari komentar SPAM bermacam-macam, ada yang minta kunjungan balik, ada yang jualan produk, ada yang promosi kontes, ada pertamax, dan banyak lagi komentar lain yan tidak memiliki hubungan sama sekali dengan topik yang dibahas.

Solusi untuk mengatasi komentar yang diluar topik seperti ini sebaiknya dihapus saja, selain mengganggu juga akan merusak reputasi blog dikalangan blogger, karena blogger yang profesional tidak akan membiarkan komentar SPAM berada di blognya.

2. Komentar yang Mengandung Kata Kunci atau Keyword dari Konten


Ini sudah pasti, komentar yang mengandung kata kunci atau keyword sangat disukai mesin pencari. Komentar yang seperti inilah yang wajib di jaga dan dilindungi (tidak dihapus). Komentar seperti ini misalnya berupa informasi tambahan melengkapi yang sebelumnya disampaikan di konten artikel blog. Ada pula komentar yang berisi pertanyaan yang masih berhubungan dengan topik yang disampaikan.

Contohnya kita memiliki postingan dengan judul “Bahaya Memiliki Komentar SPAM di Blog”. Kemudian ada yang bertanya misalnya “Gan bagaimana jika blog yang saya miliki sudah terlanjur banyak memiliki komentar SPAM?”. Nah kata kunci atau keyword komentar SPAM yang ada dalam pertanyaan seperti inilah yang disukai oleh mesin pencari Google.

3. Komentar yang Panjang


Komentar yang panjang sebenarnya tidak bisa menjadi jaminan jika blog di sukai mesin pencari. Percuma saja komentar panjang tapi komentar yang panjang tersebut hanya SPAM. Tapi yang dimaksudkan disini adalah komentar panjang yang berguna dan bermanfaat.

Hampir sama halnya dengan konten artikel yang kita posting di blog ketika konten dibahas secara lengkap dan panjang, ini sangat disukai mesin pencari. Begitu juga dengan komentar, semakin panjang semakin bagus menurut mesin pencari.

4. Komentar yang Tidak Memiliki Link Aktif


Ada beberapa komentar blogger yang berusaha mendapatkan backlink dari blog orang lain salah satunya dengan memasukkan link aktif dalam kalimat tertentu. Komentar seperti ini tidak disukai Google dan lampu kuning bagi blog yang memiliki komentar seperti ini. Ini bukan hanya merugikan si pemasang link, tetapi ini juga merugikan pihak yang mendapatkan komentar yang berisi link aktif.

5. Komentar yang Berbobot dan Berkualitas

Komentar berbobot dan berkualitas bisa terlihat dari apa yang disampaikan ketika berkomentar. Komentar yang berbobot dan berkualitas tidak asal-asal dalam berkomentar, sesuai dengan topik dan pembicaraan dalam komentar juga sarat dengan pengetahuan dan informasi yang bermanfaat.

6. Komentar yang Berguna bagi Pembaca yang Lain


Sudah barang tentu jika komentar yang bermanfaat akan berguna bagi pembaca yang lain ketika berkunjung ke website blog. Google akan melihat seberapa berguna informasi yang disampaikan di komentar apakah berhubungan atau tidak, semakin berguna dan bermanfaat bagi pembaca maka Google akan semakin suka. Karena Google saat ini tidak lagi asal-asal dalam menampilkan hasil pencarian tentunya pengalaman penggunalah yang dinomor satukan.

Kesimpulan


Itulah beberapa ciri komentar yang disukai oleh mesin pencari seperti Google. Hal ini penting untuk diketahui karena bisa membantu mendongkrak artikel keposisi yang lebih bagus dimesin pencari seperti Google.

*)