7 Cara Mengatasi Persaingan Keyword di Mesin Pencari

7 Cara Mengatasi Persaingan Keyword di Mesin Pencari - Setiap blogger, pemilik usaha, para marketer pasti ingin menjadi nomor satu di mesin pencari atau menjadi juara di search engine baik itu Google, Yahoo ataupun Bing. Mengapa banyak yang orang menginginkan posisi nomor satu di search engine? Karena peringkat satu di mesin pencari merupakan ladang trafik bagi siapapun yang menempati posisi ini.

Bagi blogger yang menempati peringkat 1 maka akan mendatangkan trafik yang melimpah dan menguntungkan jika mengikuti program iklan Google Adsense atau program yang lain. Bagi yang memiliki bisnis online maka pendapatan melalui penjualan dan orderan semakin meningkat, dan banyak manfaat yang kita dapatkan ketika berada di peringkat 1 mesin pencari.

Namun yang menjadi pertanyaan bagaimanakah cara agar berada di peringkat 1 mesin pencari? Bagaimana cara mengatasi persaingan keyword ini? Jawabnya jika ingin menjadi yang peringkat satu di mesin pencari yaitu dengan menyesuaikan keyword. Keyword sama dengan kata kunci yang mengarahkan mesin pencari untuk menemukan blog atau website kita.

7 Cara Mengatasi Persaingan Keyword di Mesin Pencari
Sumber: Pixabay


7 Cara Mengatasi Persaingan Keyword di Mesin Pencari


Saat ini persaingan keyword atau kata kunci yang posisinya strategis (paling banyak peminatnya) kini sudah semakin sengit dan jumlah kompetitornya semakin banyak. Dalam mengatasi persaingan keyword atau kata kunci ini ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan.

1. Menempatkan Keyword yang Menjadi Target dalam Alamat URL Blog


Jika kita ingin menjadi rangking pertama di mesin pencari penggunaan kata kunci yang tepat memang sangat penting. Misalnya kata kunci atau keyword yang ingin kita jadikan target adalah Tutorial Komputer, maka yang harus dilakukan adalah menempatkan kata kunci Tutorial Komputer ke dalam blog atau website kita.

Bisa dengan memasukkan keyword yang ingin kita tuju kedalam ALAMAT BLOG ATAU WEBSITE kita contohnya www.tutorial-komputer.com atau tutorial-komputer.blogspot.com atau tutorial-komputer.wordpress.com.

2. Menempatkan Keyword yang Menjadi Target dalam Nama Blog


Agar semakin kuat gunakan kata kunci pada JUDUL BLOG kita misalnya Tutorial Komputer. Agar lebih kuat lagi masukkan META TAG DESKRIPSI DAN META KEYWORD pada blog atau website, cara memasang deskripsi pada blog ada di Mengatasi Masalah Skor SEO CHKME.

Agar semakin kuat masukkan juga keyword misalnya Tutorial Komputer kedalam setiap POSTINGAN minimal 3 kali pengulangan keyword atau kata kunci semakin banyak semakin bagus. Agar semakin kuat lagi beri LABEL postingan atau KATEGORI dengan keyword didalamnya misalnya dengan memberikan label Tutorial Komputer.

3. Membuat Konten dengan Rutin Minimal 1 Kali Seminggu, lebih banyak lagi lebih bagus


Buatlah konten yang bagus dengan rutin di blog atau website. Konten harus selalu di update atau diisi dengan konten baru atau postingan baru yang berkualitas agar blog atau website kita tidak menjadi web atau blog yang statis.

4. Membuat Konten yang Berkualitas dan Memberikan Manfaat bagi Pengunjung


Boleh-boleh saja membuat konten dengan rutin namun konten harus syarat dengan bobot kontennya. Jangan asal-asalan tapi harus berbobot dan bernilai.

5. Menerapkan Strategi “Blue Ocean Strategy”


Menurut beberapa artikel yang saya baca penerapan blue ocean strategy ini biasanya dilakukan dalam dunia bisnis, misalnya dengan menjalankan bisnis yang belum ada saingannya. Strategi samudra biru atau blue ocean strategy ini bisa diterapkan dalam dunia internet marketing.

Marketing itu sendiri bukan hanya sekedar menjual barang saja tapi proses mengkomunikasikan, mengenalkan itu juga termasuk bagian marketing. Blue ocean strategy ini bisa dibilang cara kita menghindari persaingan yang berdarah-darah (red ocean strategy) kemudian mencari peluang baru atau samudra yang biru (hening tanpa persaingan).

Ketika kita masuk kesini tidak ada siapa-siapa, jadi kitalah yang memulainya lebih dahulu dibandingkan orang lain. Ini juga berlaku dalam memenangkan persaingan keyword di mesin pencari, ketika orang lain belum menggunakan keyword tersebut kitalah yang memakai keyword tersebut.

Memang benar kalau kita menggunakan kata kunci atau keyword yang belum pernah atau peminatnya sedikit awalnya memang sepi. Tapi jangan khawatir seiring dengan berjalannya waktu nanti kata kunci ini akan semakin ramai dan walaupun ramai kita berpeluang besar menjadi juaranya.

6. Menerapkan Konsep Blog yang Membahas Pada Topik Tertentu Saja atau Blog Niche


Membuat blog yang fokus pada topik tertentu bisa membantu kamu memenangkan persaingan keyword tertentu. Misalnya kamu membuat blog tentang komputer maka sebaiknya buatlah konten yang fokus membahas komputer saja.

7. Menerapkan Teknik Optimasi Mesin Pencari yang Sesuai dan Relevan


Sebenarnya beberapa poin yang sudah disampaikan diatas sudah termasuk dengan teknik optimasi. Namun teknik optimasi yang disampaikan masih sederhana. Optimasi merupakan cara untuk mengoptimalkan blog dan postingan agar muncul dimesin pencari dan bisa memenangkan persaingan keyword dimesin pencari.

Kesimpulan


Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk memenangkan persaingan keyword di mesin pencari. Cara ini sudah banyak membantu dan sudah diterapkan. Cara ini aman dan bisa diterapkan di blog dan website masing-masing.

*)