10 Cara agar Artikel dapat Bersaing di Mesin Pencari

10 Cara agar Artikel dapat Bersaing di Mesin Pencari - Blog yang bagus adalah blog yang bisa bermanfaat bagi para pengunjungnya. Blog yang bermanfaat biasanya selalu muncul dan mampu bersaing dihalaman pencarian. Sebenarnya cara agar postingan blog bisa bersaing yang paling vital adalah konten itu sendiri. Hanya mengandalkan konte maka kamu bisa menjadi nomor satu di Google.

10 Cara agar Artikel dapat Bersaing di Mesin Pencari
Sumber: Pixabay

10 Cara agar Artikel dapat Bersaing di Mesin Pencari


Namun selain konten ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan agar blog kamu bisa bersaing di mesin pencari Google, Yahoo, Bing dan kawan-kawan. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas mengenai cara agar postingan blog kamu bisa bersaing di mesin pencari.

1. Hindari Memposting Artikel Hasil Copy Paste Situs Lain


Semakin ketatnya aturan yang diberikan Google membuat banyak blog yang tersingkir dari pencarian dan akhirnya tidak bisa bersaing di pencarian Google. Penyebab tersingkirnya dari pencarian Google yang paling sering adalah menggunakan artikel copy paste dari blog orang lain, dari situs lain, dari buku, dari status Facebook dan dari referensi copy paste yang lainnya.

Ada beberapa blogger yang mempersilahkan orang lain untuk mengcopy paste postingan blognya tapi dengan syarat menyertakan link sumber. Sebenarnya yang namanya copy paste walaupun kita sudah menyertakan link sumber, tetap saja Google mendeteksi bahwa blog kita blog copy paste.

Yang harus sobat ketahui jika ada blogger yang mengizinkan copy paste dan menyertakan link sumber tak lain dan tidak bukan tujuannya adalah untuk mendapatkan backlink dari blog tukang copas. Dulunya artikel copy paste bisa bersaing dengan artikel yang asli alias original bahkan bisa mengalahkan popularitas artikel yang aslinya.

Tapi sekarang semenjak perubahan algoritma Google, artikel abal-abal dan copy paste tidak akan berkutik. Jadi jangan berharap lebih artikel copy pastenya bisa bersaing dan muncul dihalaman pertama pencarian.


2. Optimasi Search Engine Optimization Postingan Blog


Optimasi ini ada yang menyebutnya menseokan postingan blog. Menurut mas Azmi (Blogger Tautweb.com), sebenarnya tidak ada orang yang benar-benar ahli dalam hal menseokan blog atau website. Karena optimasi yang sesungguhnya adalah konten itu sendiri, semakin bagus konten maka semakin bagus pula SEO blog kita.

Dan yang menilai bagus tidaknya adalah pengunjung yang membaca bukan mesin pencari. Hanya saja optimasi atau SEO itu tujuannya untuk mempermudah mesin pencari, jadi kalau posting artikel sebaiknya ditujukan untuk pembaca blog bukan untuk mesin pencari.

Namun ada pula beberapa blogger yang melihat SEO dari skor SEO CHKME. Tapi cara sederhana mengoptimasi postingan blog bisa dilakukan dengan membuat artikel original no copas, optimasi gambar di postingan blog, optimasi permalink, optimasi dengan menambahkan mete deskripsi postingan blog. Langkah mudah agar blog kamu ebih SO pilih theme atau template blog yang lebih SEO.

3. Membuat Konten Berkualitas yang Memiliki Manfaat bagi Pengunjung


Yang mengetahui konten sebuah blog berkualitas atau tidaknya hanya dirasakan oleh pembaca. Saya lebih suka menyebutnya pembaca karena banyak orang yang mengunjungi tapi tidak membaca, tapi jika pembaca sudah pasti menjadi pengunjung.


Menurut saya artikel yang berkualitas adalah artikel yang informasi didalamnya bisa berguna dan bermanfaat bagi pembaca, informasinya di butuhkan oleh pembaca, informasi yang cari ditemukan jawabannya di blog kita, informasi yang dicari banyak orang dan banyak lagi ukuran artikel berkualitas yang lain. Ini hanya pendapat, tapi ini bisa dijadikan referensi.

Untuk blog yang isi curhatan jangan berharap banyak blognya akan dikunjungi banyak orang, karena yang butuh atau yang mau baca curhatan kita siapa? Toh kalaupun ada yang baca paling Cuma gebetan, pacar, mantan, teman dekat atau kalau pengunjung lain yang datang itupun pasti karena tersesat.

Satu lagi kualitas artikel atau postingan blog bisa terlihat dari jumlah halaman postingan yang dibuka oleh pengunjung. Jika setiap pengunjung membuka lebih dari satu bahkan sampai sepuluh artikel, ini berarti blog kamu memiliki konten yang bagus dimata pengunjung.

4. Update Blog Secara Berkala dan Rutin Baik itu Mingguan atau Bulanan


Jika kita sudah menulis artikel berkualitas, tidak copy paste, sudah di optimasi tapi jika postingannya hanya satu itu sama saja bohong. Karena Google itu suka dengan blog yang postingannya selalu di update dan di tambah postingannya secara berkala.

Coba saja kita lihat, biasanya blog yang muncul dan mampu bersaing di pencarian itu adalah blog yang postingan blognya banyak. Dan hampir tidak saya temukan blog yang muncul di halaman pertama tapi postingannnya Cuma satu, hampir tidak ada yang seperti ini. Coba kita lihat blog yang bisa bersaing itu sebagian besar dari mereka merupakan blog yang memiliki postingan dengan jumlah puluhan, ratusan bahkan ribuan.

Saya sendiri dulu juga begitu, ketika postingan saya masih sedikit blog saya belum muncul di halaman pertama pencarian Google tapi setelah banyak barulah muncul dihalaman pencarian Google dan bisa bersaing dengan postingan blog yang sudah terkenal lainnya.

5. Bangun Link Internal di Blog untuk Memudahkan Pengunjung Membuka Artikel atau Halaman Blog yang Lain


Membangun link antar postingan bisa membuat blog kita mampu bersaing dihalaman pencarian mesin pencari. Cara ini mudah sekali dilakukan memberikan widget di sidebar seperti postingan yang populer, artikel terkait, menu, link halaman, dan link dalam postingan.

6. Pastikan Blog Sudah Terindex di Mesin Pencari dengan Cara Memverifikasi Blog ke Situs Mesin Pencari seperti Google, Bing dan lainnya


Biasanya blog yang belum terindex oleh mesin pencari adalah blog yang belum terverifikasi . Misalnya kita bisa mendaftarkan blog kita ke Webmaster Google dan Bing & Yahoo Webmaster. Agar blog terverifikasi sebaiknya kamu harus mengirimkan sitemap blog ke situs seperti Google dan Bing.

Blog yang sudah terverifikasi sudah pasti akan muncul di halaman pencarian mesin pencari tapi jika belum terdaftar dan belum terverifikasi butuh waktu yang lama untuk muncul di halaman mesin pencari bahkan ada yang tidak muncul sama sekali. Bagaimana bersaing jika blog kita belum terindex mesin pencari.

7. Memperpanjang Umur Blog dan Membangun Otoritas Domain Blog yang Kamu Miliki


Biasanya blog yang mampu bersaing adalah blog yang sudah tua yang umurnya sudah bertahun-tahun ditambah pula dengan kekuatan domain yang mereka miliki. Untuk blog yang masih baru sekali biasanya agak lama baru bisa bersaing di mesin pencari.

Tetapi meskipun demikian kita tetap bisa bersaing dan mengalahkan blog yang sudah tua dengan memperbaharui konten dengan rutin. Selain itu agar blog kamu bisa bersaing kamu harus menambah nilai manfaat dari blog kamu. Sehingga pengunjung bisa loyal dan rutin mengunjungi blog kamu.

Biasanya semakin domain tersebut populer maka semakin bagus reputasi sebuah domain dimata mesin pencari. Contohnya saja domain Detik, Kompas, Liputan6, Kaskus, Tokopedia, Bukalapak dan yang lainnya.

8. Mengatasi Persaingan Kata Kunci dengan Membuat Artikel yang Lebih Menarik dan Jumlah Kata Minimal 1000 Kata


Persaingan kata kunci memang sesuatu yang merupakan hal yang sering dibicarakan dan dibahas. Jika blog kita sudah menguasai kata kunci tertentu ini tentunya sangat mempermudah kita mendapatkan posisi puncak, bukan hanya bisa bersaing tapi kita bisa menjadi juaranya.

Persaingan kata kunci bisa kita lihat dari hasil penelusuran mesin pencari misalnya Google, jika hasil pencariannya masih dibawah 100.000 hasil pencarian ini berarti persaingan kata kuncinya masih mudah. Tapi jika sudah diatas 100.000 hasil pencarian maka ini sudah bisa dibilang persaingannya ketat, ketat disini bukan berarti sulit karena masih berpotensi menang.

Sebaiknya pilih saja dikata kunci atau keyword yang memiliki peluang menang. Kunci untuk mengalahkan persaingan dengan cara membuat tulisan lebih dari 1000 kata. Dengan modal 1000 kata, maka seperti Detik.com bisa kamu kalahkan dimesin pencari.

9. Meramaikan Blog dengan Komentar yang Bagus


Beruntunglah jika postingan blog sudah memiliki banyak komentar, karena mesin pencari menilai blog yang memiliki banyak komentar cenderung disukai oleh pembaca yang mengunjunginya. Blog yang komentarnya banyak akan lebih di prioritaskan untuk di tampilkan di halaman pencarian mesin pencari seperti Google.

Komentar yang banyak akan mempermudah menghadapi persaingan dan komentar juga mempermudah mesin pencari menemukan kata kunci di blog kita. Tapi ingat hanya komentar tertentu saja yang disukai mesin pencari, komentar yang dibenci adalah komentar SPAM.

Update: Saat ini komentar sudah tidak terlalu berpengaruh terhadap persaingan di mesi pencari. Buktinya banyak blog dan situs yang sepi komentar tapi tetap mampu bersaing di mesin pencari.

10. Bangun Blog  agar Mendapatkan Pagerank yang Tinggi


Dulunya blog yang memiliki page rank bisa bersaing di mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing. Page rank mempermudah blog untuk bersaing mengalahkan blog yang lain, apalagi melawan blog yang tidak memiliki page rank.

Semakin tua usia blog tentunya dengan kualitas postingan yang bagus tentunya akan mempermudah blog mendapatkan page rank. Tapi bagi sobat yang belum memiliki page rank jangan khawatir karena sebenarnya siapa saja memiliki kesempatan untuk bisa bersaing di mesin pencari.

Update: Saat ini pagerank tidak terlalu memberikan pengaruh terhadap persaingan dimesin pencari karena banyak situs dan blog yang tidak memiliki pagerank tapi mampu bersaing di mesin pencari.

Kesimpulannya


Kira-kira itu lah penjelasan tentang cara agar postingan blog bisa bersaing di mesin pencari seperti Google, Yahoo & Bing. Sebenarnya yang menjadi solusi agar artikel yang kamu posting bisa bersaing dimesin pencari adalah kualitas artikel yang kamu buat.

Jika tulisan kamu bagus, kalimatnya mudah dicerna, mudah dimengerti dan bisa membantu orang pasti orang akan loyal berkunjung ke blog kamu. Otomatis blog kamu akan populer dimesin pencari.

*)