10 Cara Agar Artikel Cepat Terindeks di Google

10 Cara Agar Artikel Cepat Terindeks di Google - Ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan agar blog kita bisa terindeks oleh Google. Ada inilah itulah, banyak juga teman-teman blogger yang lain yang sudah menyampaikan pendapatnya. Hampir semua yang mereka sampaikan sama intinya itu-itu saja.

Namun yang salah dalam pemahaman adalah blog yang terindeks sama dengan blog yang berada pada halaman pertama pencarian Google, padahal hal tersebut salah. Yang dimaksud sudah terindeks adalah sudah masuk dalam hasil pencarian Google hanya saja belum muncul dihalaman pertama, mungkin saja berada di halaman ke empat lima dan seterusnya.

10 Cara Agar Artikel Cepat Terindeks di Google
Sumber: Pixabay

10 Cara Agar Artikel Cepat Terindeks di Google


Sebenarnya agar artikel di blog bisa di indeks dengan cepat bisa dilakukan dengan banyak cara dan cara ini mudah sekali diterapkan oleh kamu yang suka ngeblog.

1. Mendaftarkan Blog di Google Search Console agar Artikel bisa di Indeks


Jika ingin blog kita cepat terindeks oleh Google sebaiknya daftarkan blog di Webmaster Google (sekarang Google Webmaster menjadi Google Search Console). Bukan saya saja yang mengatakan ini penting, banyak yang lain juga mengatakan jika Webmaster Google mempengaruhi cepat lambatnya postingan terindex oleh Google.

Tidak bisa di pungkiri jika sumber trafik terbesar untuk blog itu yang paling besar berasal dari Google, jadi sudah seharusnya kita mendaftarkan blog ke Webmaster Google. Mendaftarkan webmaster Google caranya mudah hanya membutuhkan akun Google kemudian tinggal mengikuti langkahnya saja.

Ketika kita sudah mendaftarkan blog di Webmaster Google nantinya kita akan diberikan semacam kode verifikasi yang wajib kita pasang di HTML blog kita, jika kode sudah terpasang dengan benar maka di Webmaster Google akan ada pemberitahuan jika blog kita sudah tervefikasi.

2. Submit Sitemap Blog ke Google Search Console agar Artikel Cepat di Indeks


Ketika blog sudah terdaftar di Webmaster Google, sebaiknya kita harus memasukkan sitemap atau peta situs blog kita. Peta situs ini hanya bisa dibaca oleh mesin pencari saja. Peta situs tiap-tiap blog beda, misalnya wordpress dan blogger saja berbeda.

3. Submit Setiap Postingan ke Google


Katanya caranya lumayan bisa diandalkan apalagi jika blog kita masih baru atau domain baru, sudah seharusnya mensubmit artikel atau postingan terbaru kita disana. Ini bertujuan untuk memberitahukan Google jika blog kita itu ada dan sudah memiliki postingan terbaru. Tapi hati-hati jika terlalu sering mensubmit artikel ke Google nanti bisa di anggap sebagai SPAM.


Informasi: Sebenarnya kalau blog kamu sudah sering muncul di halaman Google. Kamu tidak perlu lagi terus menerus submit artikel ke Google.

4. Share ke Situs Berpagerank Tinggi dan Trafiknya Ramai


Share ke situs berpage rank tinggi bisa dilakukan dengan membagikan postingan blog kita misalnya ke situs yang reputasinya sudah baik menurut Google. Misalnya bisa kita lakukan dengan memposting artikel atau postingan kita disana dan disertai alamat url blog kita. Situs berpage rank tinggi misalnya situs social bookmark seperti Delicious, Lintas me, Lintas berita, Reddit, Vivalog, dan situs social bookmark lainnya.

Selain itu juga bisa di forum situs besar seperti forum Detik, Kompasiana, forum Tribunnews, forum Viva, forum Kaskus, dan banyaklagi forum yang lain. Jika memiliki akun media sosial seperti Twitter atau Facebook juga bisa dibagikan disana, semakin banyak orang mengunjungi blog lewati situs tersebut semakin mudah artikel atau postingan di index oleh Google.

5. Kamu Harus Rajin Memposting atau Membuat Artikel Baru di Blog yang Kamu Miliki


Google paling suka sama blog yang rajin mengupdate blog dengan memasang artikel terbaru. Semakin sering di update Google akan semakin suka dan mudah di index, tapi ingat postingannya harus buatan sendiri. Karena kalau hasil copy paste sama saja bunuh diri dan bakal dapat sanksi dari Google.

Semakin sering blog di update maka Google akan semakin kenal dengan blog kita. Nah pasti kita pernah melihat ketika mencari sesuatu dan portal berita berada di posisi paling atas bukan? Yap itu karena portal berita selalu mengupdate konten beritanya, padahal beritanya baru muncul beberapa menit yang lalu.

6. Perpanjangan Umur Domain atau Umur Blog yang Kamu Kelola


Biasanya semakin tua usia domain blog yang kita gunakan maka semakin cepat pula di index oleh Google. Jika usia domain blog tersebut tua maka Google sudah semakin kenal dengan domain tersebut, tetapi sebaliknya jika umur domain tersebut masih baru biasanya agak lama baru bisa terindex oleh Google karena Google belum mengenali domain baru tersebut dan butuh waktu yang lama agar Google mengenali blog baru tersebut.

Hal ini pasti dirasakan oleh teman blogger yang lain juga, tapi ketika domain blog kita sudah tua atau lama maka postingan blog kita semakin cepat terindex oleh Google bahkan dalam waktu beberapa menit saja sudah terindex. Bagi teman-teman yang masih baru sarannya yang sabar saja ambil menunggu usia domainnya tua.


7. Membangun Link Internal Menuju Blog yang Kamu Kelola


Membangun link internal caranya mudah misalnya membuat widget atau sidebar seperti posting terbaru, postingan populer, artikel terkait, link dalam postingan dan link lainnya. Hal ini juga membantu artikel kamu yang baru di posting cepat terindeks di Google.

8. Menggunakan Situs Ping untuk Memanggil Googlebot


Ping ini berguna untuk memberitahukan kepada mesin pencari bahwa kita memiliki domain baru atau postingan baru. Dengan Ping ini akan mempercepat proses penelusuran robot Google.


Ada beberapa situs ping yang sering digunakan saya sendiri mengguna pingmyurl.com, selain ada beberapa situs ping lainnya seperti pingomatic.com dan lain-lain. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai terlalu sering melakukan Ping, dikhawatirkan takut dianggap SPAM dan malah tidak di index Google.

9. Membangun Link Eksternal yang Menuju ke Blog Kita

Ada juga yang mengatakan jika blog kita memiliki backlink akan semakin cepat di indeks oleh Google. Tapi menurut saya backlink untuk blog baru tidak usah terlalu dipikirkan, karena jika blog yang masih baru tapi sudah memiliki backlink yang banyak ini bisa di curigai oleh Google dan bisa terkena sanksi.

Saran saya gunakan yang normal-normal saja, yang tidak berdampak buruk bagi blog kita salah satunya dengan backlink organik. Bisa dengan berkomentar atau blog walking di blog wordpress.


10. Menghindari Sanksi dari Google


Ini cara terakhir yang paling ampuh agar blog kita bisa di indeks oleh Google dengan cara menghindari sanksi Google. Karena jika blog kita sudah mendapatkan sanksi dan sanksi tersebut merupakan sanksi yang paling keras dari Google maka dalam sekejap blog kita pun bisa hilang dari peredarannya atau disebut dengan deindex. Jangankan blog, situs besar sekalipun bisa terkena sanksi Google.

Situs besar saja bisa terkena sanksi apalagi situs web blog yang kecil, jadi jangan berpikir bahwa blog kita bisa aman dari sanksi Google. Masih mending blog kita berada di halaman pencarian ke dua atau tiga dan seterusnya yang penting masih dianggap, tapi jika sudah tidak di indeks Google maka wassalam buat blog kita. Copy paste jadi penyebab blog kamu dikenakan sanksi Google.


Kesimpulannya


Itulah cara yang bisa kamu lakukan agar blog kamu bisa dengan cepat di indeks oleh Google, semoga bermanfaat.

*)