BuzzFeed: Situs hiburan dan social news dengan konten viral yang mendunia

BuzzFeed: Situs hiburan dan social news dengan konten viral yang mendunia - Mungkin banyak orang Indonesia yang belum tau dengan BuzzFeed. BuzzFeed adalah situs yang menyajikan konten viral dalam bahasa Inggris. BuzzFeed ini juga menginspirasi banyak situs di dunia dan Indonesia dengan menggunakan konsep serupa. Situs dari Indonesia seperti Brilio, INDtimes, Malas Banget, Pulsk, dan Hipwee terinspirasi dari BuzzFeed.

BuzzFeed adalah media online hiburan dan berita yang berasal dari New York, Amerika Serikat. BuzzFeed didirikan oleh Jonah Peretti pada tahun 2006. Fokus dari BuzzFeed adalah menciptakan konten yang berpotensi viral di internet yang dibagikan oleh penggunanya melalui sosial media. Target pembaca BuzzFeed adalah usia muda.

Pada awalnya BuzzFeed dibuat hanya untuk proyek sampingan Jonah Paretti. Namun meskipun proyek sampingan BuzzFeed berhasil menjadi situs online dengan konten viral terkemuka didunia sampai saat ini. Selama masa pertumbuhannya BuzzFeed baru menerima dana investasi dalam jumlah besar sejak tahun 2014.

Setelah menerima dana investasi pada tahun 2014, tahun berikutnya semakin banyak pihak yang percaya dengan BuzzFeed. Selanjutnya BuzzFeed berhasil mendapatkan dana investasi hingga ratusan juta dollar. Tentunya dengan tambahan dana investasi, nilai jual BuzzFeed semakin mahal.


Sumber trafik BuzzFeed


Berdasarkan informasi dari Wikipedia, trafik di BuzzFeed sebagian besar berasal dari sosial media seperti Pinterest, Facebook dan Twitter. Mesin pencari bukan satu-satunya sumber trafik bagi BuzzFeed. Jangan heran jika ada artikel aneh, terlihat asal-asalan, dan nyeleneh tapi bisa ngetop di BuzzFeed, alasannya satu yaitu artikel tersebut viral (banyak dibagikan ke sosial media).


Akuisisi yang pernah dilakukan BuzzFeed


Untuk mempermudah bisnis dimasa depan BuzzFeed juga pernah melakukan akuisisi. Beberapa perusahaan startup yang pernah diakuisisi oleh BuzzFeed adalah Kingfish Labs (2012) dan Torando Labs (2014).


Kampanye dan promosi BuzzFeed di sosial media


Untuk menjangkau pengguna lebih banyak lagi BuzzFeed aktif melakukan kampanye di Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Pinterest, dan sosial media lainnya. Di Facebook BuzzFeed membuat serial film dan promosi Facebook Ads. BuzzFeed juga aktif mengelola chanel videonya di Youtube.

Bukan hanya sebagai situs social news dengan konten viral Buzzfeed juga menulis topik berita terkini. Topik berita yang ditulis di Buzzfeed isinya singkat, padat dan jelas.


Kontroversi BuzzFeed


Beberapa waktu yang lalu BuzzFeed pernah tersandung beberapa kasus dugaan plagiarism. Penulis konten di BuzzFeed menulis tanpa mencantumkan sumber. Selain itu konten di BuzzFeed dianggap mendukung LGBT. Ada juga beberapa kontroversi lain yang belum disebutkan disini.


Sumber: Wikipedia, Tech In Asia, Social Media Week, BuzzFeed

*)