Berapa Gaji untuk Programer Game Tingkat Newbie atau Pemula?

Berapa Gaji untuk Programer Game Tingkat Newbie atau Pemula? - Gaji untuk para pembuat game antara negara yang satu dengan yang lain tentunya berbeda. Untuk negara Eropa dan Amerikacenderung lebih berani untuk membayar mahal untuk programer gamenya.

Berbeda lagi dengan Jepang, Jepang merupakan negara yang terkenal dengan gamenya karena sering mengeluarkan game terbaru yang populer di dunia. Perusahaan atau studio game di Jepang Square Enix yang mengeluarkan game "Final Fantasy". Jadi tidak heran jika mereka berani membayar mahal untuk tenaga kerja mereka.

Untuk wilayah Asia Tenggara temasuk didalamnya Indonesia kebanyakan belum berani membayar mahal untuk programer gamenya. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh industri game di Indonesia dan Asia Tenggara masih tergolong baru dan masih dalam tahap perkembangan.

Berapa Gaji untuk Programer Game Tingkat Newbie atau Pemula?
Sumber: Grafisku.com


Gaji untuk Programer Game Pemula di Indonesia


Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari teman saya yang kuliah dibidang informatika rata-rata gaji pembuat game di Indonesia berada pada angka 3 juta rupiah tiap bulannya. Informasi ini didapatkannya dari selebaran atau brosur penawaran lowongan kerja dari perusahaan game disana juga tertera besar gaji yang akan kita terima tiap bulannya.

Jika kita menghitung gaji untuk programer game pemula di Indonesia dalam waktu satu tahun maka diperkirakan mendapatkan gaji rata-rata minimal 36 juta setiap tahunnya. Sebenarnya ini ada peningkatan dari tahun sebelumnya yang rata-rata 24 juta per tahun. Gaji ini diperkirakan akan terus meningkat dari tahun ketahun.

Indonesia VS Luar Negeri: Gaji Programer Game Pemula


Jika kita membandingkan antara gaji programer game di Indonesia dengan gaji programer game di Luar negeri tentunya memiliki perbedaan yang cukup jauh. Di Indonesia harga produk jauh lebih murah dibandingkan dengan di luar negeri sana, bisa 3 kali lipat lebih tinggi. Di Indonesia saja minuman soda yang botol kecil harganya cuma 4 ribu sedangkan di luar negeri bisa 1,5 dollar AS.

Jadi mau pilih mana, kerja diluar dengan gaji besar tapi pengeluaran juga besar dibandingkan dengan di Indonesia gaji kecil tapi pengeluarannya juga kecil. Jadi secara itung-itungan sudah lumayan untuk gaji programer Indonesia. (Tapi untuk menambah pengalaman dan portofolio ada baiknya untuk bekerja di perusahaan luar negeri, biar wawasanya lebih internasional dan tidak hanya wawasan lokal).

Disclaimer:

Informasi ini hanya sebagai referensi saja dan belum bisa dipastikan kebenarannya kerena setiap tahun selalu ada perubahan. Ini tidak bisa dijadikan standar atau patokan untuk menggaji karyawan perusahaan atau studio game yang masih baru. Referensi tulisan ini didapatkan dari salah satu perusahaan game di Bandung. Bisa saja ini berbeda dengan kota-kota lain di Indonesia.

*)