Bagaimana Cara Menonton Video Streaming Online yang Ramah dan Irit Kuota?

Bagaimana Cara Menonton Video Streaming Online yang Ramah dan Irit Kuota? - Akhir-akhir ini banyak sekali orang mencari infomasi seputar nonton online. Oleh sebab itu saya juga berbagi artikel yang topiknya membahas tentang cara menonton online yang tidak terlalu banyak menguras kuota internet. Apalagi sekarang ini semuanya mahal, paket internet juga mahal. Jadi sangat disayangkan jika kuota internet habis hanya untuk nonton online.

Bagaimana Cara Menonton Video Streaming Online yang Ramah dan Irit Kuota?
Sumber: Dailygenius.com


Bagaimana Cara Menonton Video Streaming Online yang Ramah dan Irit Kuota?


Sebenarnya yang namanya menonton online atau streaming film secara online pasti akan menguras kuota internet. Menonton online dan download file dari internet, itu jadi penyebab utama kuota internet kita cepat habis.

Makin sering menonton online baik itu berupa video, film atau televisi makin cepat pula kuota habis. Kalau kuota internet sedikit, saya sendiri sangat menghindari menonton online di internet. Berikut ini ada 3 cara mudah agar kuota kamu tetap irit ketika menonton film, video dan TV online di internet.

1. Pilih Ukuran Video yang Beresolusi Kecil (max 240p)


Tapi jika masih ingin menonton online sebaiknya pilih resolusi video yang ukuran pixelnya kecil. Ukuran resolusi video yang kecil itu adalah 144p dan 240p. Jika lebih dari ini maka dianggap besar.

Meskipun ini tetap menguras kuota internet, tapi kuota yang digunakan untuk menonton bisa lebih kecil dari sebelumnya. Youtube salah satu situs yang menyediakan pilihan ukuran video dari yang resolusi kecil hingga HD. Kekurangan menonton video dengan resolusi sekecil ini, kualitas videonya tidak bagus dan terlihat buram. Lebih mirip dengan kualitas video 3gp.

Kelebihannya bisa lebih irit kuota, memutar video jadi lebih cepat ketimbang memutar video yang berukuran besar.

2. Hindari Menonton Video yang Beresolusi Besar (HD - High Definition)


Untuk mengatasi penggunaan kuota berlebihan hindari menonton video yang beresolusi HD. Kualitas video HD ini memang bagus dan jernih, tapi jika memilih menonton video ini maka kuota kamu bisa cepat habis.

Ukuran yang masuk dalam kategori HD adalah ukuran yang diatas 720p. Jika ukurannya lebih kecil dari ini maka ini belum termasuk dalam kategori HD.

3. Pilih Durasi atau Waktu Video yang Singkat


Agar pengeluaran kuota untuk menonton video online tidak terlalu besar, pilih video yang durasinya singkat saja. Kalau video singkat otomatis pengeluaran kuotanya kecil. Namun kalau videonya panjang dan lama, otomatis pengeluaran kuota jadi lebih besar.

Kesimpulannya

Pada dasarnya menonton video, streaming video, menonton film online memang menguras kuota. Apalagi kalau kita menggunakan paket internet bulanan, ini akan terasa sekali borosnya (besarnya penggunaan kuota). Namun untuk mengakalinya kita bisa memilih video dengan resolusi yang kecil dan memilih durasi (waktu) video yang singkat.

*)