Apakah Bisa Membuat Email Google atau Yahoo untuk Anak?

Apakah Bisa Membuat Email Google atau Yahoo untuk Anak? - Email saat ini sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Email sangat berguna bagi orang-orang yang memiliki kepentingan seperti bisnis, tugas pekerjaan, surat menyurat, tugas kampus, tugas sekolah dan juga keperluan lainnya. Biasanya email sering digunakan oleh orang dewasa yang usianya sudah cukup dan sesuai dengan kebijakan.


Apakah Bisa Membuat Email Google atau Yahoo untuk Anak?


Bagi orang tua yang ingin membuatkan email untuk anaknya, kita bisa memilih membuat email di beberapa situs. Situs yang sering dijadikan tempat membuat email adalah Google (Gmail), Yahoo, Live, dan juga Hotmail. Selain yang diatas sebenarnya masih banyak lagi situs yang bisa dijadikan tempat untuk membuat email baik itu dari situs luar maupun situs dalam negeri.

Menjawab pertanyaan tentang “apakah bisa membuat email untuk anak?” orang tua perlu mengetahui satu hal yaitu tentang batas usia minimal anak bisa memiliki email.

Untuk email Google (Gmail), Google sudah menetapkan batas usia minimal. Jadi hanya pada usia yang ditetapkan saja anak baru boleh memiliki akun email. Usia minimal yang ditetapkan oleh Google tidak diketahui secara pasti, tapi diperkirakan adalah usia 16 tahun keatas baru bisa memiliki emai Google. Hal ini saya ketahui ketika saya ingin membuatkan untuk adik saya yang masih 13 tahun.

Solusinya: Kita harus menunggu beberapa tahun sampai batas usia yang sudah ditentukan oleh Google misalnya 16 tahun. Jika ingin cepat-cepat memiliki email tinggal tambahkan saja usia menjadi 16 tahun keatas. Tapi cara ini adalah cara yang tidak saya rekomendasikan.

Untuk email yang lain juga hampir sama seperti Google, yang menerapkan aturan batas usia minimal untuk memiliki email, tapi ada juga tidak menentukan batas usia minimal. Dulu Yahoo tidak memberikan batas minimal usia, tapi bisa saja untuk tahun 2015 ada aturan tambahan tentang batas usia minimal. Untuk email Yahoo juga hampir sama dengan Google, usia dibawah 13 tahun tidak diizinkan untuk memiliki akun email Yahoo.

Kesimpulannya
Anak yang usianya belum cukup tidak diizinkan untuk memiliki akun email baik itu di Google maupun di Yahoo. Usia yang diperbolehkan untuk memiliki email yaitu usia 13 tahun keatas. Untuk negara tertentu seperti Belanda, anak usia 16 tahun yang diperbolehkan untuk memiliki akun email.

Jika penasaran langsung baca kebijakan email dari Yahoo dan Google.

1. Kebijakan email Yahoo

2. Kebijakan email Google atau Gmail

*)