Goodreads: Situs komunitas baca buku dan katalog buku online terbesar

Goodreads: Situs komunitas baca buku dan katalog buku online terbesar - Pasti kamu yang sering mencari buku online, novel, buku gratis, pdf gratis dan lain sebagainya sering nyasar ke situs Goodreads. Kadang sudah mendaftar sebagai anggota di Goodreads tapi buku atau novel yang dicari tidak bisa didownload. Pejuang skripsi yang sedang mencari referensi juga sering nyasar ke Goodreads.

Saya sebagai veteran pejuang skripsi juga pernah nyasar di Goodreads. Dulu saya mencari buku marketing dari Kotler sebagai bahan referensi skripsi, tapi buku yang dicari hanya muncul sampul buku dan informasi bukunya saja. Hmm I'm so sad.

Apakah yang lainnya pernah begitu? Kalau saya iya.

Goodreads adalah situs komunitas atau social network bagi mereka yang suka membaca buku, novel dan lain sebagainya. Goodreads juga menjadi situs katalog untuk ribuan buku dari seluruh dunia. Bahkan novel populer di Indonesia juga banyak yang muncul di Goodreads.

Di GoodReads kita juga bisa melihat daftar buku yang paling populer menurut kategori masing-masing, misalnya daftar buku dengan kategori novel, buku ilmiah, komik, karang fiksi, dan lain sebagainya. Daftar bukunya cukup lengkap dan informasinya detail.

Goodreads didirikan oleh Otis Chandler dan Elizabeth Khuri pada Desember 2006 dan resmi dirilis pada Januari 2007. Berdasarkan data dari CrunchBase disebutkan bahwa Goodreads sudah diakuisisi oleh Amazon pada 29 Maret 2013, tapi tidak diketahui berapa nilai transaksinya.

Berdasarkan data dari Wikipedia disebutkan bahwa pada 2009 sudah memiliki 3,6 juta anggota dan memiliki daftar lebih dari 110 juta buku. Nampaknya jumlah ini akan meningkat dari waktu ke waktu.

Jumlah anggota dan daftar buku yang banyak menjadikan Goodreads sebagai komunitas baca buku terbesar di dunia saat ini. Sebenarnya diluar sana ada banyak lagi situs website komunitas baca buku lainnya tapi Goodreads-lah yang paling populer.

Layaknya situs komunitas lainnya di Goodreads kita sebagai anggota bisa saling berinteraksi, kirim pesan, komentar, memberikan review buku, fitur grup, fitur pertemanan, dan menambahkan informasi data diri dan lain sebagainya. Di Goodreads bisa bertemu dengan banyak pengguna dengan ketertarikan buku yang berbeda.

Bagi yang ingin mendownload buku dari Goodreads harus siap-siap kecewa karena situs ini bukan tempatnya. Goodreads hanya menyediakan daftar buku-nya saja. Beberapa blog personal menyebutkan bahwa di Goodreads memang ada beberapa koleksi buku yang bisa didownload, tapi jumlah buku yang didownload hanya sedikit. Intinya, sebagian besar buku di Goodreads tidak bisa didownload.

*Sumber: Wikipedia, CrunchBase)

_