1Cak.com, Situs Humor ala 9Gag Buatan Orang Indonesia

1Cak.com, Situs Humor ala 9Gag Buatan Orang Indonesia - Di dunia internet kita sudah mengenal situs komedi visual berupa gambar atau video 9Gag.com yang diciptakan di Hongkong pada tahun 2008 oleh Chris Chan, Ray Chan, Derek Chan, Marco Fung, dan Brian Yu. Di Indonesia juga memiliki situs 1Cak.com yang memiliki genre yang sama dengan 9Gag.

1Cak.com, Situs Humor ala 9Gag Buatan Orang Indonesia


1Cak merupakan situs asli buatan Indonesia yang berisi rege comic atau meme (dibaca: mim) lucu yang mengundang gelak tawa bagi yang melihatnya. Meme atau rege comic yang diunggah membernya biasayaa digunakan untuk membahas fenomena sosial atau kejadian yang ada dalam kehidupan sehari-hari tapi yang dibahas secara kocak dan lucu.

1Cak hampir mirip dengan 9Gag, baik itu tampilan dan fitur-fitur yang tersedia didalamnya. 1Cak sendiri awalnya juga terinspirasi dari 9Gag, terinspirasi bukan berarti menjiplak.Hal ini terbukti dari karakter yang hadir dalam tokoh meme di 1Cak, yaitu Mad dog.

Mad dog merupakan tokoh yang diambil dari film The Raid atau lebih dikenal dengan Mr. Greget. Bukan hanya itu saja, 1Cak juga berisi gambar atau video dan fenomena yang ada di masyarakat Indonesia. Ada yang berisi sekedar lelucon, ada yang berisi pesan dan ada juga yang berisi pesan tersirat yang dikemas secara menarik dan unik.

Melihat kesuksesan yang berhasil diraih oleh 9Gag dan potensi yang dimiliki Indonesia untuk membuat startup komedi humor akhirnya Aji Ramadhan atau nama aslinya R Aji Kaloko kelahiran Sragen ini mendirikan situs humor 1Cak.com.

Pada tanggal 17 Februari 2012 1Cak resmi diluncurkan. Tapi awalnya bernama 1Cuk.com, tapi karena kurang enak didengar dan terkesan agak negatif akhirnya pada 30 September 2012 nama 1Cuk diganti menjadi 1Cak. Tidak membutuhkan waktu yang lama 1Cak akhirnya bisa terkenal di kalangan pengguna internet di Indonesia, terutama yang usia muda.

Yang membuat 1Cak semakin terkenal karena partisipasi member, anggota atau member bisa berkontribusi membagikan meme lucu karyanya sendiri dan membagikan di 1Cak, kemudian member lain bisa menilai tingkat kelucuannya, juga bisa berkomentar dan membagikannya di sosial media Facebook dan Twitter. Membagikan dijejaring sosial seperti ini lah yang membuat 1Cak semakin terkenal terutama dikalangan anak muda Indonesia.

1Cak memberikan kemudahan jika ingin mendaftar menjadi member di 1Cak yaitu dengan menggunakan sosial media Facebook, kemudahan ini juga turut membantu meningkatkan popularitas 1Cak.

1Cak juga menyediakan aplikasi 1Cak untuk smartphone Android , sehingga member bisa mengakses 1Cak dengan menggunakan aplikasi tanpa harus membuka browser. Dalam mendanai websitenya pemilik 1Cak Aji Ramadhan mendapatkan penghasilan dari Google Adsense dan Tribal Fusion.

Keberhasilan yang diraih oleh 1Cak terbukti ketika Februari 2014, 1Cak berhasil mendapatkan kurang lebih 9 juta pageviews dengan unique visitornya sebanyak 560 ribu. Di bulan Oktober 2012 yang disampaikan lewat Kompas Tekno 1Cak berhasil mendapatkan keuntungan dari iklan Google Adsense sekitar 1.400 dollar AS. Itu masih data yang lama dan kemungkinan data tersebut bisa berubah dan bertambah menjadi lebih banyak lagi.

Prestasi yang berhasil diraih oleh Aji Ramadhan ini membuktikan bahwa Indonesia juga bisa berkarya. Semoga keberhasilan yang diraih oleh Aji Ramadhan ini bisa menjadi motivasi bagi anak-anak indonesia yang lain untuk bisa berkarya. Dan juga memacu memunculkan startup-startup baru asal Indonesia lainnya yang siap bersaing di kancah Internasional.

*)