Twitter - sosial media yang popularitasnya semakin lama semakin menurun di Indonesia

Twitter - sosial media yang popularitasnya semakin lama semakin menurun di Indonesia - Twitter adalah sosial media yang memiliki ciri khas nge-tweet dengan maksimal 140 karakter. Sebenarnya trik ini berhasil dan menjadi ciri khas dari Twitter sejak berdirinya sosial media ini. Berdasarkan data dari Wikipedia, Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey. Markas besar Twitter terletak di San Francisco, California , Amerika Serikat.



Twitter ini juga dikenal sebagai situs microblogging paling populer di dunia. Selain Twitter sebenarnya masih banyak situs microblogging lain yang agak kurang terkenal. Namun nampaknya Tumblr semakin menampakkan pengaruhnya sebagai situa microblogging terbesar kedua di dunia.


Twitter Dikancah Dunia

Twitter ini adalah sosial media yang cukup berpengaruh didunia. Twitter digunakan hampir diseluruh negara didunia. Negara yang penduduknya paling banyak menggunakan Twitter adalah Amerika Serikat, Jepang, UK, Turki, Brazil, Spanyol, Kanada dan termasuk di Indonesia.


Twitter di Indonesia

Meskipun sempat populer di Indonesia namun nampaknya pengguna Twitter di Indonesia semakin lama sudah mulai berkurang. Hal ini terlihat dari rangking Alexa khusus regional Indonesia Twitter tidak masuk dalam daftar top 10 situs terpopuler di Indonesia.

Twitter harus berjuang keras karena jika hal tersebut terjadi maka akan semakin banyak yang meninggalkan Twitter. Dalam kehidupan sehari-hari pun masyarakat Indonesia khususnya anak muda banyak yang meninggalkan Twitter.

Kalau di Indonesia Twitter banyak digunakan oleh situs berita untuk berbagi tautan link, public figure, dan kegiatan kampanye politik.


Sumber Pendapatan Twitter

Sama seperti sosial media lainnya sumber pendapatan Twitter berasal dari iklan. Iklan di Twitter bisa ditemukan berupa tweet berbayar. Tweet berbayar di Twitter sering digunakan oleh brand ternama.


Penghasilan dari Twitter

Sebagai sosial media yang digunakan oleh banyak orang tentunya ini dimanfaatkan oleh buzzer sebagai media periklanan. Mereka (dibaca: buzzer dan influencer ) yang membuka jasa periklanan adalah akun yang memiliki banyak pengikut. Penghasilan yang didapatkan dari Twitter bisa jutaan rupiah perbulan.

Mengapa akun dengan banyak pengikut bisa dibayar mahal untuk setiap tweetnya? Ini karena akun dengan banyak pengikut bisa mempengaruhi banyak orang untuk setiap tweetnya.


Penyebab Twitter Ditinggalkan oleh Pengguna

Twitter ini mulai ditinggalkan oleh pengguna khususnya usia muda. Usia muda saat ini lebih memilih untuk menggunakan Instagram, Youtube, Facebook, Tumblr, WhatsApp dan LINE.

Pengguna sosial media saat ini banyak pula yang memilih untuk menggunakan sosial media berbagi gambar dan video. Tak heran jika Instagram, Youtube, Snapchat, Tumblr, Smule, dan Bigo Live keciprtan untung.

Oleh karena itu Twitter harus berpikir keras lagi agar kalangan usia muda mau menggunakan Twitter.


_