Tidak bisa mengakses website sendiri? Mungkin salah satu dari 6 ini penyebabnya

Tidak bisa mengakses website sendiri? Mungkin salah satu dari 6 ini penyebabnya - Oke sebenarnya ini adalah hasil penemuan berdasarkan pengalaman saya pribadi ditambahkan dengan referensi yang lainnya.

Saya awali dengan cerita saja ya agar lebih mudah dipahami. Begini saya sebenarnya memiliki beberapa website. Website saya ini masih sepi dan tidak ramai seperti website pada umumnya.

Tidak bisa mengakses website sendiri? Mungkin salah satu dari 6 ini penyebabnya
Blogging - Gambar: Freepik


Penyebab kita tidak bisa membuka website kita sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya.


1. Gangguan server tempat kita menyewa hosting


Hal ini pernah saya alami ketika saya menyewa hosting di Idwebhost. Hosting disini memang murah dan terjangkau makanya sempat jadi hosting favorit pada tahun 2010-an.

Ketika itu saya menyewa hosting pihak idwebhost mengganti DNS. Akhirnya secara serentak hampir semua website yang pakai hosting idwebhost ternyata mengalami gangguan.

Langkah yang saya ambil adalah mencari informasi sana sini. Cek pengumuman idwebhost dan pastinya menghubungi costumer servicenya. Alhasil semua bisa diselesaikan dengan segera.


2. Jatah Bandwith kita sudah melebihi batas


Ini juga pernah saya alami ketika menggunakan hosting dari idwebhost. Jatah bandwith saya dalam sebulan cuma dapat sekian GB tapi karena trafik yang ramai membuat jatah bandwith dalam waktu singkat sudah habis.

Bandwith habis menyebabkan website tidak bisa dibuka. Dengan berat hati akhirnya saya harus upgrade paket hosting. Jadi saya harus bayar lagi deh. Hmm..


3. Penggunaan CPU Ram hosting melebihi batas


Penggunaan CPU Ram hosting melebihi batas menyebabkan website tidak bisa dibuka. Biasanya ada tampilan website timeout dan lain sebagainya.


4. Domain expired


Domain yang sudah expired biasanya sulit diakses. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini dengan cara memperpanjang masa domain. Agar website bisa dibuka.


5. IP address komputer kita di block oleh server hosting


Biasanya demi alasan keamanan server, pihak penyedia jasa hosting akan memproteksi server. Salah satu cara yang sering dipakai adalah memblock IP address tertentu. Nah bisa jadi IP address kita masuk dalam daftar IP yang diblock.


6. Alamat website kita masuk dalam daftar situs yang diblokir oleh provider


Biasanya situs dengan konten dewasa bisa masuk dalam daftar situs yang diblokir. Penyedia yang sering memblokir website dengan konten dewasa diantaranya Indosat, Telkomsel, XL, Speedy, Indihome dan lain sebagainya.