Sumber trafik blog ataupun website bukan hanya mesin pencari saja tapi juga sosial media

Sumber trafik blog ataupun website bukan hanya mesin pencari saja tapi juga sosial media - Bagi blogger yang levelnya sudah expert trafik blog mereka sudah jutaan perbulan. Tentunya penghasilan mereka dari blog jumlahnya bukan main-main. Bahkan mereka sudah dapat puluhan ribu dollar perbulan, tapi ini wajar aja siih apalagi trafik blognya sudah gila-gilaan.

Sumber trafik blog ataupun website bukan hanya mesin pencari saja tapi juga sosial media
Blogging - Gambar: Freepik

Jika periode belumnya banyak blogger dan web developer yang mengagungkan kemampuan optimasi blog. Saya sendiri lebih suka menyebutkan teknik optimasi blog ini sebagai cara konvensional.

Teknik optimasi ini dikenal juga dengan bahasa asingnya search engine optimization atau teknik seo. Teknik seo ini dilakukan untuk mengoptimalkan situs agar tetap muncul dimesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, Baidu dan masih banyak lagi.

Sekarang ini ada cara yang lebih ampuh untuk mendapatkan banyak trafik yaitu dengan memanfaatkan sosial media.

Pemanfaatan sosial media sebagai sumber trafik sudah diterapkan oleh website dengan tema sosial news. Ada beberapa situs besar yang memanfaatkan sosial media sebagai sumber trafik diantaranya:

1. Indtimes
2. Diply
3. BuzzFeed
4. BoredPanda
3. Brilio
4. Cerpen.co.id
5. Inafeed
6. Brightside.me
7. Shareably.co
8. dan masih banyak lagi

Keberadaan situs tersebut memberikan pelajaran kepada kita bahwa mesin pencari (search engine) bukan satu-satunya sumber trafik.

Untuk itu blogger dan webmaster harus paham akan hal ini. Jangan cuma sibuk optimasi situs saja tapi usahakan memberikan konten yang bermanfaat dan berpeluang untuk dibagikan oleh pengunjung ke sosial media.

Sosial media yang menjadi penyumbang trafik paling besar adalah Facebook, Twitter, Pinterest, Youtube dan Tumblr. Tapi yang paling banyak penyumbang trafik adalah Facebook. Jadi usahakan agar pengguna mau membagikan tautan link blog dan website secara sukarela ke sosial media yang disebutkan diatas.


Kesimpulannya

Jadi pada intinya blogger dan webmaster jangan hanya sibuk optimasi blog atau website. Optimasi memang penting tapi sosial media juga penting. Usahakan agar keduanya seimbang. Sosial media iya, dan optimasi juga iya. Jangan hanya fokus pada salah satu saja ya. Semoga bermanfaat.

_