6 Cara Mengatasi Komentar SPAM di Blog

6 Cara Mengatasi Komentar SPAM di Blog - Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi komentar SPAM. Ada cara yang manual ada pula cara otomatis untuk mengatasi SPAM. Kamu bisa menggunakan salah satu cara untuk mengatasi komentar SPAM di blog. Kamu juga bisa menerapkan semuanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memusnahkan komentar SPAM blog kamu jadi terlihat rapi dan profesional.

6 Cara Mengatasi Komentar SPAM di Blog
Blogging - Gambar: Freepik

6 Cara Mengatasi Komentar SPAM di Blog

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi komentar SPAM di blog. Semoga bisa menjadi referensi yang membantu kamu mengatasi komentar SPAM di blog.

1. Mengaktifkan Modernisasi Komentar di Blog

Bagi blogger yang mengaktifkan modernisasi komentar malah SPAM ini bisa kita minimalisir dan di filter, kita bisa memilih komentar mana yang ingin diterbitkan dan mana yang tidak diterbitkan (dihapus).

Cara ini juga sudah saya terapkan, jika ada komentar SPAM yang lolos tidak akan langsung terpublish. Jadi semua komentar yang masuk bisa difilter terlebih dahulu dengan modernisasi komentar. Menurut saya cara ini sangat direkomendasikan untuk kamu para blogger.

2. Mengaktifkan Kode Captcha di Form Komentar di Blog

Memasang tools ini caranya mudah karena settingan sudah ada di blogger, tujuannya untuk memfilter komentar SPAM robot yang masuk ke blog. Walaupun manusia bisa menyepam tapi setidaknya jumlahnya bisa diminimalisir.

Saya sendiri menggunakan Wordpress self hosting. Dulunya fitur kode captcha sempat terpasang di blog ini. Namun mengingat pengjunjung blog ini banyak yang menggunakan smartphone akhirnya kode captcha di form komentar sudah saya hapus. Tujuaannya biar pengguna smartphone yang berkomentar jadi semakin mudah. Lagi pula, jarang pengguna smartphone yang nyepam.

3. Mengaktifkan Plugin Antispam Seperti Akismet

Bagi blogger yang menggunakan Wordpress bisa dipasang pluggin ini di blognya ada plugin Akismet. Plugin Akismet ini sangat membantu dalam mengatasi komentar SPAM di blog. Hampir 80% komentar SPAM yang masuk bisa diatasi oleh plugin ini. Untuk pengguna Blogspot, tidak ada fitur plugin ini.

4. Menggunakan No Follow pada Link Ekternal di Form Komentar Blog

Sebaiknya gunakan atribut rel=’nofollow’ diblog atau komentar, ini untuk menghindari agar link terindeks oleh mesin pencari. Dengan cara ini link yang tidak aman untuk diakses tidak terindeks. Namun sebenarnya dalam beberapa template Blogspot, sudah tersedia fitur no follow untuk link eksternal. Namun untuk Wordpress sudah tersedia plugin.

5. Sering-Sering Memantau Perkembangan Blog

Kalau kita sering memantau perkembangan blog kita misalnya dengan melihat komentar yang masuk dan mensortirnya. Dan kalaupun ada komentar SPAM yang lolos bisa kita hapus secepatnya. Cara ini merupakan cara yang paling sering saya lakukan, untuk mengurangi jumlah komentar SPAM yang muncul di blog.

6. Paling Akhir adalah Mencopot kolom komentar di blog yang Kalian Miliki

Mencopot kolom komentar disini adalah menonaktifkan kolom komentar yang ada. Jadi pada intinya blog kamu tidak memiliki kolom komentar. Jadi mereka yang ingin berkomentar spam tidak akan bisa lagi.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi komentar SPAM di blog. Cara ini dinilai mampu membantu agar blog kamu bisa bersih dari komentar SPAM. Selain itu dengan menghapus komentar SPAM akan membuat blog kamu terlihat profesional dan lebih terurus.

*)