5 Cara Aman Berbelanja Online di Sosial Media Instagram

5 Cara Aman Berbelanja Online di Sosial Media Instagram - Berbelanja secara online atau berbelanja di internet sudah menjadi trend dimana-mana. Trend berbelanja online bukan hanya di Eropa, Amerika atau luar negeri saja, bahkan di Indonesia trend berbelanja online sudah menjadi trend baru di Indonesia.

Berbelanja online biasanya bisa dilakukan di situs jual beli atau e-commerce toko online di Internet. Sebenarnya bukan itu saja di sosial media kita juga bisa berbelanja online. Sosial media begitu populer dijadikan tempat untuk berbelanja online karena dengan sosial media bisa menjangkau konsumen dalam cakupan yang lebih luas dan lebih banyak.

Apalagi di Indonesia yang jumlah pengguna sosial medianya selalu banyak dan bertambah. Bahkan Indonesia selalu menjadi negara yang masuk dalam jajaran pengguna sosial media terbanyak di dunia. Sosial media apapun itu, Indonesia selalu masuk dengan jumlah pengguna terbesar misalnya sosial media Friendster (tapi sekarang sudah jatuh), Facebook, Twitter, Youtube, dan tak lupa juga sosial media Instagram.

Sosial media Instagram memiliki banyak pengguna yang berasal dari Indonesia. Karena banyaknya jumlah pengguna sosial media Instagram, banyak pebisnis yang memanfaatkan peluang sosial media Instagram untuk berbisnis yaitu bisnis jual beli online atau bahasa gaulnya online shop Instagram.

Apalagi sosial media Instagram ini merupakan sosial media berbagi foto sehingga dengan demikian memungkinkan pengguna Instagram bisa online sambil belanja. Sosial media Instagram ini unik karena dengan membagikan foto produk di Instagram secara tidak langsung sosial media ini akan menjadi katalog online. Tentunya ini akan memudahkan calon pembeli untuk memilih barang yang mereka sukai di akun toko online Instagram.

Sambil online bisa sambil lihat-lihat koleksi yang tersedia di akun toko online Instagram. Baik itu produk aksesoris, fashion atau pun barang elektronik. Karena pengguna Instagram di Indonesia lumayan banyak sehingga tak jarang dari yang awalnya hanya ingin melihat-lihat saja tapi langsung tertarik untuk untuk membeli.

Tetapi yang sangat disayangkan ketertarikan pengguna Instagram untuk berbelanja online di Instagram malah dimanfaatkan oleh penjual yang nakal tidak bertanggung jawab untuk menipu pembelinya.

Misalnya si penjual memajang foto produk yang dijualnya di Instagram dan ketika si pembeli tertarik kemudian si pembeli pun mentransfer uang. Tapi ketika uang sudah di transfer barangnya malah tidak dikirim dan akhirnya tertipu.

Sebenarnya kasus seperti ini sudah sering sekali terjadi. Bukan hanya di sosial media Instagram saja, tetapi disosial media lain seperti Twitter dan Facebook juga sering dan banyak yang tertipu. Di situs jual beli seperti FJB Kaskus, OLX (yang dulunya Tokobagus) juga banyak yang tertipu. Sebenarnya jika kita cerdik dalam bertransaksi online atau berbelanja online kasus seperti ini bisa diminimalisir.

Caranya mengatasinya juga mudah yaitu belajar dari pengalaman orang lain atau menerapkan cara aman yang sudah di sampaikan baik itu di artikel offline maupun artikel yang sudah di terbitkan di berbagai situs website dan blog.

Sebelumnya saya juga sudah menerbitan artikel dengan judul Cara Tips Berbelanja Online yang Aman di Internet, tapi disana saya membahas secara umum saja. Untuk lebih khususnya untuk sosial media Instagram saya akan bahas di artikel ini.

5 Cara Aman Berbelanja Online di Sosial Media Instagram
Instagram - Foto: Teerawut Masawat / Freepik

5 Cara Aman Berbelanja Online di Sosial Media Instagram


Berbelanja online itu sebenarnya memiliki beberapa risiko. Hampir sama ketika kita berbelanja di pasar tradisional yaitu resiko di copet, ketika berbelanja online juga memiliki risiko yaitu risiko tertipu. Tapi meskipun berisiko bukan berarti berbelanja online itu tidak aman. Saya tidak bisa juga mengatakan jika berbelanja online aman, karena bisa aman dan bisa juga tidak aman.

Di bilang aman karena buktinya banyak juga orang yang aman-aman saja berbelanja online di Instagram. Bukti tidak aman ada juga beberapa teman kita yang menjadi korban penipuan.

Jadi bisa dua kemungkinan. Sebelumnya saya menemukan ada orang yang membutuhkan informasi tentang cara berbelanja online yang aman di Instagram yang berkunjung ke blog saya, karena itulah saya membagikan Cara agar aman berbelanja di Instagram.


1. Menggunakan Sistem COD (Cash on Delivery)


COD merupakan cara aman berbelanja online karena kita bisa bertemu langsung dengan penjualnya dan mendapatkan barang yang kita inginkan dan membayarnya langsung kepenjualnya. COD bisa dilakukan jika kita berada dalam satu wilayah atau satu kota misalnya sama-sama berada di kota Bandung.

Dengan sistem COD kita juga mengenal si penjualnya secara langsung. Saya kira saya tidak perlu lagi di jelaskan secara detail karena saya yakin teman-teman sudah memahami konsep jual beli COD ini.


2. Mencari Tahu Reputasi si Penjual di Instagram


Sebenarnya cara mengetahui reputasi penjual di Instagram mudah. Caranya bisa dengan bertanya kepada teman atau kepada orang lain. Lihat dan pantau terus aktivitas akun Instagramnya. Yang terpenting jangan begitu dilihat langsung ingin dibeli tapi tahan dulu dan cari informasi lebih jauh tentang toko online Instagram tersebut.

Lihat interaksi penjual dengan followernya yang berkomentar. Lihat jumlah follower dan keaslian akun Instagram. jika Ingin mencari tahu reputasi toko online Instagram sebaiknya bertanyalah kepada orang yang sudah berpengalaman berbelanja online Instagram. Bisa juga bertanya kepada salah satu follower toko online tersebut.

Walaupun kita tidak saling mengenal saya rasa itu tidak menjadi masalah karena yang penting bagi kita adalah keamanan bertransaksi. Cari rekam jejaknya. Jika belum memiliki rekam jejak atau track record yang jelas sebaiknya tinggalkan saja dan cari toko online yang lain.


3. Meminta Saran dan Rekomendasi dari Teman atau Orang Terdekat


Sebelum berbelanja online di Instagram sebaiknya minta pendapat dan pandangan dari teman-teman. Entah itu dari sahabat, teman dekat atau pacar juga boleh (kalau punya). Bukan berarti dengan bertanya kita ingin pamer atau apa karena ini demi keamanan kita juga. Mungkin saja kita nantinya mendapatkan saran atau rekomendasi yang tentunya bermanfaat buat kita.

Karena kejadian ini pernah terjadi pada teman kampus saya sendiri yang satu jurusan bahkan pernah satu kelas. Tanpa bertanya dengan teman-teman dia berbelanja online untuk membeli laptop buat kuliah. Tapi ketika uang jutaan rupiah sudah dikirim tapi sampai saat ini laptopnya tidak pernah sampai.

Kan kasian juga jadinya. Uang 3 juta rupiah tertipu, dengan jumlah segitu tentunya itu bukanlah jumlah yang sedikit. Apalagi buat anak kosan seperti saya uang 3 juta bisa untuk makan 6 bulan. Kemudian ketika tertipu barulah dia bercerita dengan temannya. Nah harapannya jangan sampai ada lagi kejadian yang seperti ini terjadi lagi.


4. Membandingkan Harga yang Satu dengan Harga yang Lain


Dengan membandingkan harga kita bisa mengetahui mana yang logis mana yang tidak. Penjual penipu biasanya akan memasang harga yang lebih murah agar pembeli tertarik. Untuk mengetahui harga pasaran kita tinggal mengecek saja ketoko sebelah atau di referensi lain. Jika rasanya harga yang ditawarkan tidak masuk akal sebaiknya tinggalkan saja dan jangan membelinya.


5. Hanya Membeli Barang Tertentu Saja


Hanya membeli barang tertentu artinya kita tidak membeli semua barang secara online di Instagram. Barang yang harganya mahal sebaiknya jangan dibeli secara online misalnya laptop, smartphone atau barang berharga lainnya. Karena barang yang seperti ini rawan sekali terhadap penipuan. Baik itu barangnya palsu maupun barangnya tidak terkirim.

Jika membeli secara online di Instagram sebaiknya beli barang yang harganya murah saja misalnya yang harganya dibawah 50 ribu. Karena kalau kita tertipu sebanyak 50 ribu tidak akan sama rasanya jika tertipu sebanyak 5 juta rupiah. Barang yang murah misalnya aksesoris, sendal, tas, mainan atau gantungan kunci dan barang yang harganya murah lainnya.


Kesimpulan


Setiap pilihan yang kita pilih tentunya mengandung risiko yang harus dihadapi. Ini sesuai dengan mata kuliah manajemen risiko yang pernah saya pelajari dulu. Meskipun berisiko kita tetap bisa meminimalisir yaitu dengan cara-cara yang sudah saya sebutkan diatas. Sebenarnya selain tips dan cara diatas masih ada lagi cara lain salah satunya yaitu dengan berbelanja disitus terpercaya dan ternama seperti Bukalapak dan Tokopedia.

Situs semacam Tokopedia, Bukalapak dan Elevenia sudah menerapkan sistem keamanan bagi semua pembelinya sehingga tidak perlu khawatir akan penipuan dan situs ini asli milik orang Indonesia. Barang dijual disana banyak sekali dan bisa dipilih sesuai selera masing-masing.

Tetapi itu hanya rekomendasi saja dan kembali lagi kepada teman-teman ingin memilih berbelanja dimana. Selain Tokopedia dan Bukalapak masih banyak lagi situs lain yang bisa digunakan untuk bertransaksi online yang aman. Kalau sudah terlanjur tertipu sebaiknya lapor kepihak berwajib misal ke Polisi dan pihak Instagram.

*