7 Alat Penghitung Pageviews dan Visitor Blog

7 Alat Penghitung Pageviews dan Visitor Blog - Jika kamu merupakan blogger atau pengelola website tentunya kamu membutuhkan informasi yang lengkap dan detail. Informasi yang dibutuhkan adalah informasi seputar trafik, pageviews, visitor dan beberapa informasi lainnya.

Informasi ini amat penting apalagi untuk blog yang ingin di monetize. Karena dengan informasi yang lengkap dan detail peluang pendapatan dari monetize yang didapatkan bisa lebih besar lagi.

7 Alat Penghitung Pageviews dan Visitor Blog
Blogging - Gambar: Freepik

7 Alat Penghitung Pageviews dan Visitor Blog

Untuk kamu yang masih penasaran berikut ini ada beberapa pilihan tool yang bisa kamu gunakan.

1. Statistik Internal Bawaan Blogger

Untuk kamu yang menggunakan Blogspot kamu bisa menggunakan statistik bawaan dari Blogger. Dari alat ini kamu bisa mengetahui jumlah pageview blog kamu. Hasil yang ditampilkan lumayan akurat dan realtime. Alat ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang tidak ingin ribet.

Namun yang menjadi kekurangan alat ini informasi yang disampaikan kurang detail. Selain itu jumlah visitor tidak ditampilkan di statisik bawaan Blogger. Namun meskipun demikian kamu sudah cukup puas dengan fitur yang ditampilkan.

2. Statistik dengan Menggunakan Plugin Jetpack dari Wordpress

Untuk kamu yang menggunakan Wordpress tentunya kamu sangat kenal dengan plugin Wordpress ini. Jetpack merupakan plugin yang wajib kamu pasang di blog Wordpress yang kamu miliki.

Fitur plugin Jetpack ada banyak salah satu fiturnya adalah Sitestat. Lewat fitur Sitestats ini kamu bisa mengetahui statistik blog yang kamu kelola. Hasil perhitungan yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan Histats ataupun Google Analytics. Sangat rekomended untuk kamu yang ingin simpel.

3. Statistik Google Analytics

Menurut saya Google Analytics merupakan alat statistik untuk blog yang paling bagus menurut saya. Bukan hanya digunakan oleh para blogger seperti saya, tapi blogger lain juga banyak yang menggunakan Google Analytics.

Selain blogger banyak dari pengelola situs besar yang lebih memilih menggunakan Google Analytics ketimbang yang lain. Salah satunya karena Google Analytics bisa memberikan informasi paling lengkap dibandingkan dengan yang lainnya. Beberapa advertiser juga menggunakan Google Analytics sebagai referensi terpercaya.

4. Statistik Histats

Selain Google Analytics kamu juga bisa menggunakan Histats. Histats ini cukup populer digunakan oleh blogger Indonesia. Informasi yang disampaikan cukup detail dan realtime. Saya sendiri juga pernah menggunakan alat ini, namun sekarang saya memilih untuk menggunakan Google Analytics.

5. Statistik Whos.Amung.us

Whos.amung.us merupakan situs yang menyediakan layanan alat penghitung statistik blog sama seperti Histats. Alat ini cukup populer digunakan oleh para blogger Indonesia. Alat ini juga rekomended untuk kamu gunakan, selain simpel alat ini cukup akurat untuk menghitung statistik blog.

6. Statistik StatCounter

StatCounter merupakan alat penghitung statistik kunjungan blog kamu. Fungsi StatCounter mirip dengan alat penghitung lainnya. Namun kelebihan tambahan yang dimiliki oleh StatCounter yang bisa kamu dapatkan adalah kamu bisa menerima laporan statistik tiap bulan dari StatCounter. Laporan ini nantinya akan dikirim oleh StatCounter ke email kamu.

7. SimilarWeb

SimilarWeb merupakan alat yang bisa kamu gunakan untuk menghitung trafik blog atau website yang kamu kembangkan. Lewat SimilarWeb kamu bisa memperkirakan berapa jumlah pageview dan visitor blog kamu.

Selain informasi trafik ada banyak informasi yang bisa kamu temukan di SimilarWeb. Namun pada intinya informasi ini didapatkan dari Google Analytics yang kita miliki yang informasinya diolah kembali oleh SimilarWeb.


Kesimpulan

Itulah 7 macam alat yang bisa kamu gunakan untuk melihat statistik blog kamu. Lewat alat ini kamu akan melihat jumlah pageviews, visitor, bounce rate, durasi setiap sesi dan banyak lagi informasi penting lainnya yang bisa kamu dapatkan dari alat ini.

*)