6 Alasan yang Menjadi Motif Pelaku Komentar SPAM di Blog

6 Alasan yang Menjadi Motif Pelaku Komentar SPAM di Blog - Kalau bicara motif atau hal yang melatarbelakangi mereka untuk melakukan spam yang paling mengetahuinya adalah pelakunya sendiri, merekalah yang paling tahu apa yang mereka inginkan. Tapi walaupun demikian kita tetap bisa mengetahuinya. Hal ini bisa kita ketahui dari gelagat dan komentar yang dia tuliskan di blog kamu.

6 Alasan yang Menjadi Motif Pelaku Komentar SPAM di Blog
Blogging - Gambar: Freepik

6 Alasan yang Menjadi Motif Pelaku Komentar SPAM di Blog


Berdasarkan pantauan ada beberapa alasan umum mereka melakukan spam diantaranya.

1. Komentar SPAM Agar Bisnisnya Laku

Saya kurang mengerti sama pesan spam yang isinya tentang promosi produk tertentu. Misalnya jual rumah, jual obat, obat pelangsing dan banyak lagi. Kalau memang ingin produknya laku tinggal jual saja di forum jual beli atau di situs jual beli, tapi kalau promosi di blog tentang tips blogger sama saja bodoh.

Karena orang yang berkunjung ke blog tips blogger tujuan untuk belajar blog bukan untuk belanja beli obat kuat. Spammer seperti ini butuh pelajaran tentang bagaimana internet marketing yang baik.


2. Komentar Agar Dapat Backlink dari Blog Lain

Adalagi yang menyebarkan SPAM di blognya agar mendapatkan backlink yang banyak. Katanya kalau banyak dapat backlink bisa membuat blog semakin SEO (katanya).Kalau ada yang seperti ini berarti ini korban pemahaman SEO sesat.

Sekarang itu sudah tidak zamannya lagi berlomba-lomba mencari backlink, karena yang paling penting itu konten bro. Content is King. Toh kalau kontennya bagus nantinya juga akan dapat backlink.

3. Berkomentar Agar Trafik Blogger Tukang SPAM Menjadi Meningkat

Memang benar kalau kita blogwalking berpengaruh positif terhadap perkembangan trafik blog kita, tapi kalau komentarnya alakadarnya atau nyepam saya sendiri malah semakin malas untuk berkunjung ke blognya.

Untuk mendapatkan kunjungan balik dari pengunjung lain yang datang membaca artikel sebaiknya berkomentarlah yang sopan, bijak dan pastinya terlihat pintar jika kamu menjelaskan suatu topik. Jika terlihat pintar sudah pasti orang yakin dengan kemampuan kamu dan tertarik ingin kenal kamu lebih jauh dengan cara mengunjungi link website atau akun Google yang kamu miliki.

4. Untuk Membangun Koneksi dan Relasi (katanya)

Kalau silaturrahmi memang bagus malahan dianjurkan, tapi kalau berkunjung ke blog datang cumanya bisa mengganggu dan menyepam sama saja bohong. Bukankan blogger yang baik itu bisa menjadi tamu yang baik dan beretika.


5. Ingin Terkenal (katanya)

Ternyata banyak pula yang beranggapan bahwa berkomentar bisa meningkat popularitas yang dimilikinya. Sehingga komentar jadi salah satu alasan mengapa mereka sering berkomentar di postingan blog yang kamu miliki. Ciri komentar yang cuma ingin terkenal adalah pertamax, pajewan dan banyak lagi.


6. Iseng Saja Ingin Komentar SPAM

Banyak pula diantaranya yang komentarnya bertujuan untuk iseng saja. Bahkan isengnya juga keterlaluan misalnya komentar dengan nada menghina artikel yang dibacanya. Ada juga yang mencemooh pembaca lain yang ingin menanyakan sesuatu. Komentar seperti ada beberapa diantaranya yang mirip dengan tipe haters. Meskipun artikelnya bagus, selalu ada kekurangan dimatanya.

Kesimpulan

Itulah beberapa alasan yang menjadi motif mengapa banyak komentar SPAM muncul di blog yang kamu kelola. Kemunculan komentar SPAM merupakan hal yang wajar, bahkan menurut saya komentar SPAM bisa menunjukkan kepopuleran situs blog yang kamu miliki.

Semakin banyak komentar SPAM berarti blog kamu semakin populer. Namun meskipun begitu kamu harus segera mengatasi komentar SPAM ini.