11 Cara Menjadi Blogger Terkenal

11 Cara Menjadi Blogger Terkenal - Terkenal itu merupakan impian semua orang blogger juga demikian. Beberapa waktu yang lalu ada beberapa blog yang menyajikan bagaimana cara menjadi blogger yang terkenal. Meskipun terkenal didunia maya tidak apa-apa karena lewat dunia maya kita bisa membangun personal branding dengan mudah, murah, dan cepat. Cara ini juga sudah diterapkan oleh banyak blogger dari seluruh dunia.

11 Cara Menjadi Blogger Terkenal
Blogging - Gambar: Freepik

11 Cara Menjadi Blogger Terkenal

Untuk kamu yang ingin menjadi blogger terkenal berikut ini ada 11 cara yang bisa kamu lakukan. Cara ini mudah dan mungkin sudah kita terapkan dalam kegiatan blogging.

1. Jadilah Orang yang Terkenal di Masyarakat

Mengapa orang yang terkenal itu blognya lebih populer? Dengan image yang kita miliki kita bisa mengundang orang untuk melihat blog kita dan ini berpengaruh pada traffik blog kita. Ya sebut saja radityadika.com blognya Raditya Dika, padahal kalau dilihat-lihat isi blognya tidak banyak. Raditya Dika hanya memposting bagaimana kegiatannya, projek-projek barunya, informasi penerbitan bukunya dan lain-lain.

Jika dibandingkan dengan orang yang tidak terkenal yang postingannya lebih banyak, mereka kalah sama Raditya Dika yang postingannya Cuma sedikit. Hal ini disebabkan website orang terkenal itu orang lebih mudah ingat, sehingga traffik pun mengalir dengan derasnya teman-teman. Saya sendiri bukan orang terkenal tapi alhamdulillah blog ini trafiknya lumayan kencang.

Jika kita sudah terkenal ketika masuk kedunia para blogger pun kita juga ikut terkenal. Sebenarnya kalau kita sudah terkenal atau terkenal banget kita tidak perlu optimasi yang berlebihan.

2. Fokus Membuat Materi Blog yang Berhubungan dengan Passion yang Kamu Sukai

Tahukan teman-teman apa itu pasion? Jika dilihat dari arti katanya passion itu berhubungan dengan kegemaran atau ketertarikan seseorang terhadap sesuatu. Bisa saya kasi contoh misalnya kamu tertarik di bidang fashion, yaudah fokus saja membuat materi posting mengenai fashion di blog yang kamu kelola.

Jika kamu tertarik dengan bidang otomotif kamu bisa fokus dibidang otomotif. Salah satu blog yang fokus membahas otomotif sepeda motor adalah blog Iwan Banaran atau Iwanbanaran.com. Selain Iwan Banaran ada blog lain yang terkenal membahas produk otomotif adalah Pertamax7.com.

Malahan saya sendiri kalau udah suka sama blog tertentu saya jadiin bookmark di browser saya. Selain itu pasion ini bisa menjadi ciri khas kita, kita unik dibandingkan dengan blog yang lain yang membahas topik secara campur sari.

Rekomendasi: Iwanbanaran.com & Pertamax7.com

3. Mempromosikan Blog Sudah Kamu Kelola

Mengapa perlu promosi? Iya, suatu produk barang atau jasa memerlukan promosi. Teman-teman pasti taukan Mie Sedap, Mie Gelas, Indomie, Susu Indomilk, Samsung, Garuda Indonesia dan lain-lainnya. Mereka menjadi terkenal salah satunya karena mereka rajin mempromosikan produk atau jasa mereka.

Karena promosi itulah orang bisa produk mereka. Kalau tidak di promosikan orang-orang tidak akan tau nantinya. Kalau pun akhirnya mereka tau, itu butuh waktu lama. Contoh kecil misalnya paksa teman kamu untuk membuka blog kamu. Bentuk promosi lain bisa dengan memakai baju dengan nama blog kamu.

Namun ini pada intinya ada banyak bentuk promosi yang bisa kamu kamu lakukan. Dalam ilmu marketing yang saya pelajari selama di perkuliahan, promosi merupakan bantuk kecil dari kegiatan marketing.

4. Konsisten dalam Mengambangkan Blog yang Kamu Miliki

Konsisten merupakan hal yang amat diperlukan agar kamu menjadi blogger terkenal. Untuk menjadi blogger terkenal tidak cukup dalam waktu sehari, seminggu atau sebulan. Berdasarkan pengamatan saya blogger yang terkenal membutuhkan waktu bertahun-tahun agar mereka menjadi blogger terkenal. Oleh karena kamu harus sering ngeblog dan konsisten ngeblog untuk beberapa tahun kedepan.

5. Memahami Teknik Optimasi Blog agar Blog Kamu Sering Muncul di Mesin Pencari

Teknik optimasi blog merupakan teknik yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan blog yang kamu miliki agar bisa berada dihalaman pertama mesin pencari. Teknik optimasi blog sering pula dikenal sebagai teknik SEO tujuannya agar blog kamu bisa dan sering muncul dimesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan mesin pencari lainnya.

Untuk memahami cara mengoptimasi blog tidak perlu menjadi master SEO. Teknik optimasi blog bisa kamu pelajari secara otodidak karena ilmunya bisa kamu dapatkan secara gratis diinternet. Syaratnya kamu harus banyak-banyak membaca referensi dan artikel yang membahas SEO di internet.

6. Aktiflah dan Seringlah Berdiskusi di Forum Online

Sering terlibat dalam forum diskusi online bisa membantu kamu untuk menjadi blogger terkenal. Namun diskusi yang kamu ikuti harus sesuai dengan kemampuan dan fokus blog yang kamu kelola. Jika kamu menyukai topik game maka kamu bisa terlibat dalam diskusi yang berhubungan dengan game.

7. Tetaplah Ramah Terhadap Para Pengunjung yang Berkomentar di Blog Kamu

Mungkin banyak blogger yang tidak terlalu memperdulikan komentar dari para pengunjung di blog yang dimiliki. Hal ini sering sekali saya lihat banyak blogger yang tidak merespon atau membalas komentar para pengunjung. Saran dari saya jangan jadi blogger yang seperti ini.

Mulai dari sekarang mulailah ramah kepada para pengunjung yang melakukan komentar. Jika perlu tanggapi semua komentar, meskipun komentar mereka hanya sekadar ucapan terima kasih dari pengunjung. Dengan respon yang sederhana seperti ini pengunjung blog kamu cenderung loyal dan rajin berkunjung kembali ke blog kamu.

8. Aktiflah di Sosial Media yang Sedang Booming Saat Ini

Untuk kamu yang ingin menjadi blogger terkenal sudah seharusnya kamu menggunakan sosial media. Sosial media bisa membantu kamu dalam mempromosikan blog yang kamu miliki. Selain itu sosial media bisa membantu kamu dalam berkomunikasi dengan para pengunjung blog yang ingin berkomunikasi dengan sosial media.

9. Kelola Komunitas Blog Kamu dengan Membuat Akun Sosial Media Khusus untuk Blog

Untuk kamu yang memiliki blog yang memiliki jumlah pengunjung tetap sudah seharusnya membangun komunitas untuk penggemar blog kamu. Cara membangun komunitas dari pengunjung blog bisa dilakukan dengan cara membuatkan akun sosial media seperti Facebook, Youtube, Twitter, Google Plus, Instagram, Kaskus, Pinterest, Linkedin, Stumbleupon dan banyak lagi.

10. Konsisten dalam Membuat Konten Terbaru di Blog

Untuk kamu yang memiliki blog mungkin sering kali mengalami masalah dalam membuat konten secara konsisten di blog. Hal ini wajar namun bisa diakali dengan memahami teknik menulis ulang kembali konten di internet. Cara ini bukan copy paste, namun jangan lupa tuliskan sumber tulisan yang kamu buat di blog dengan memberikan link aktif.

11. Gunakan Domain yang Sesuai dengan Nama Kamu atau Nama Lain yang Mudah Diingat oleh Pengunjung

Untuk kamu yang ngeblog menggunakan blog gratisan seperti Blogspot, Wordpress atau yang lainnya mulailah bermigrasi ke domain berbayar. Dengan cara ini orang akan lebih mengingat nama blog kamu ketimbang blog yang menggunakan domain Blogspot. Blogspot akan sulit terkenal karena jumlahnya sudah terlalu banyak.

Blogspot bisa saja terkenal namun kurang wah dimata pengunjung blog. Harus blog dengan trafik yang ramai barulah menjadi blog terkenal. Untuk kamu yang ingin membeli domain bisa dibeli di Idwebhost, Niagahoster, Rumahweb dan banyak lagi.


Kesimpulan

Itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan agar menjadi blogger terkenal. Cara ini mudah diterapkan namun harus diterapkan secara konsisten dan terus menerus. Pada intinya semua ini harus bertahap, karena tidak bisa langsung instan. Butuh proses panjang.